JOMBANG - Aloe vera atau lidah buaya terbukti memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, maupun kecantikan. Tanaman dari genus Aloe ini banyak dijadikan produk kecantikan karena efek gelnya yang baik untuk kulit. Di bidang kesehatan, lidah buaya juga dikenal dapat menjadi obat berbagai penyakit. Dari berbagai penelitian, terbukti bahwa lidah buaya juga bisa mengatasi masalah pencernaan pada manusia. Salah satunya adalah mengatasi sembelit.

Penyakit ini memang terdengar sederhana, namun jika tidak diatasi akan menyebabkan penyakit yang lebih parah seperti ambeien. Selain itu, memang tidak baik jika seorang manusia tidak mengeluarkan hasil ekskresinya. Hal itu karena tinja merupakan sampah tubuh yang jika ditumpuk terlalu lama akan menimbulkan penyakit.

Lidah buaya terkandung zat polisakarida yang dapat mengatasi masalah pencernaan. Kandungan polisakarida dalam lidah buaya membantu tubuh untuk mencerna nutrisi dalam makanan dengan lebih sempurna sehingga gizinya bisa terserap sempurna.

Untuk penderita sembelit, lidah buaya dapat dikonsumsi secara teratur selama empat minggu berturut-turut. Hal ini dikarenakan proses penyembuhan oleh lidah buaya terjadi secara perlahan sehingga hampir tidak memiliki efek samping. Hal ini menyebabkan lidah buaya dianjurkan sebagai obat-obatan alami untuk berbagai penyakit.

Video/Teks: Aditya Eko P.
Sebelumnya Berikutnya