JOMBANG – Awal Juni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang membangun masjid dengan kapasitas kurang lebih 200 jemaah. Lokasi yang dipilih tepat di area tengah yang semula digunakan sebagai lahan parkir mobil karyawan dan tamu.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Disdikbud Kabupaten Jombang, Jumadi, S.Pd., M.Si. dalam koordinasinya menjelaskan, masjid yang akan dibangun tersebut dengan luas lebih kurang 16 meter persegi. Pada pertemuan pertama bersama dengan panitia pelaksana, Jumadi menjabarkan tampilan bangunan serta detail lokasi setiap sisinya. Selanjutnya juga merinci pengeluaran biaya.

Baca Juga: Penggerak Aliansi Pepustakaan Jalanan Jombang, Imron Hamid Ubaidillah Membacalah dengan Bahagia

“Direncanakan sekitar 2 miliar rupiah. Seluruh bangunan akan rampung dan lengkap dengan fasilitasnya. Termasuk seluruh pernik atau ornamen pendukung keagungan masjid. Utamanya fasilitas bagi jemaah dengan kebutuhan khusus,” terang Jumadi.

Bangunan dengan ukuran 16 m x 16 m ini disiapkan dengan begitu profesional dan akan selesai pada awal Desember 2020. Terdapat 12 titik kunci penguat bangunan yang diperkirakan mampu menghadapi gempa. Tampilan dari sisi Utara, Selatan, dan Timur akan tampak sama. Terdapat pintu dan jendela besar sebagai pintu masuk para jemaah.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.
Sebelumnya Berikutnya