INTERNASIONAL - Manchester City tampil luar biasa saat menjamu Liverpool di pekan ke-32 Liga Inggris 2019-2020. Setelah melalui 90 menit pertandingan, Manchester City menang 4-0 lewat gol-gol yang dilesakkan Kevin De Bruyne pada menit 25, Raheem Sterling menit 35, Phil Foden menit 45 dan bunuh diri Alex Oxlade-Chamberlain menit 66.

Kemenangan 4-0 Manchester City atas Liverpool praktis sangat mengejutkan. Sebab, Liverpool racikan Jurgen Klopp tampil luar biasa musim ini, terbukti mereka sudah menyegel gelar Liga Inggris 2019-2020 di pekan ke-31, atau ketika kompetisi masih menyisakan tujuh pekan.

Baca Juga: Pendekatan Vibrasi (Getaran Batin) Membangun Jiwa Pendidikan

Dalam kemenangan sensasional Manchester City di atas, ada fakta menarik yang melatarbelakanginya. Berikut fakta menarik di laga Manchester City melawan Liverpool:

Kembang Api

Ketika laga Manchester City melawan Liverpool baru dimulai, terdengar ledakan kembang api di luar Stadion Etihad. Hingga kini, belum diketahui secara pasti siapa yang menyalakan kembang api tersebut. Namun, ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah fans Liverpool yang sengaja menyalakan kembang api demi merayakan trofi Liga Inggris 2019-2020 yang baru saja mereka pastikan pekan lalu.

Sementara itu, kemungkinan kedua adalah fans Manchester City. Bahkan, akun Twitter Manchester City berkelakar bahwa kembang api itu adalah perayaan atas keberhasilan The Citizens menjadi kampiun Piala Liga Inggris 2019-2020 yang berlangsung awal Maret 2020.

Rivalitas Joe Gomez dan Raheem Sterling Berlanjut

Joe Gomez dan Raheem Sterling sempat berseteru saat Liverpool menang 3-1 atas Manchester City di pekan ke-12 Liga Inggris 2019-2020. Saat itu setelah terlibat dalam duel badan, Raheem Sterling sengaja membenturkan badannya ke arah Joe Gomez, tanda mengajak berduel. Namun, untungnya perseteruan itu tidak berlanjut karena dipisahkan pemain-pemain dari kedua tim.

Kemudian dalam laga Manchester City melawan Liverpool, Joe Gomez dan Raheem Sterling kembali berduel. Namun, kali ini perseteruan di kotak penalti. Saat itu, Joe Gomez terlihat menjatuhkan Raheem Sterling di kotak terlarang, sehingga wasit Anthony Taylor yang memimpin pertandingan memberikan penalti kepada Manchester City. De Bruyne yang menjadi algojo pun berhasil menjalankan tugasnya secara sempurna.

Kesempurnaan De Bruyne

Sepanjang musim ini, De Bruyne sudah empat kali mengeksekusi penalti. Hebatnya dari empat eksekusi penalti itu, semuanya berbuah gol. Terbaru, De Bruyne membobol gawang Liverpool kawalan Alisson Becker tersebut.

Sekadar informasi, semenjak didatangkan Manchester City pada 2015, baru empat kali De Bruyne dipercaya sebagai aeksekutor penalti. Uniknya, sebanyak empat kesempatan itu baru didapatkan gelandang berpaspor Belgia tersebut tahun ini.

Raheem Sterling Pecah Telur

Semenjak meninggalkan Liverpool pada 2015, Sterling sudah sembilan kali menghadapi Liverpool di Liga Inggris. Namun, baru pada kesempatan tersebut Sterling membobol gawang Liverpool di Liga Inggris. Kala itu, aksi Sterling merepotkan dua bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk dan Joe Gomez.

Selain mencetak gol, Sterling juga berperan atas gol pertama Liverpool yang dicetak Kevin De Bruyne. Saat itu, Sterling dijatuhkan Joe Gomez di kotak terlarang, hingga akhirnya wasit Anthony Taylor menunjuk titik putih.

Aksi Ciamik Phil Foden

Phil Foden sejak 2017 mengisi skuad utama Manchester City. Namun, baru pada musim ini, gelandang 20 tahun itu mendapat kesempatan lebih untuk unjuk gigi di lini sentral Manchester City. Hebatnya, kesempatan yang diberikan pelatih Manchester City, Josep Guardiola tidak disia-siakan Phil Foden.

Dalam tiga laga terkini di Liga Inggris 2019-2020, Phil Foden mengoleksi empat gol dan satu asis (baca: umpan gol). Terbaru, gelandang kidal itu mengoleksi satu gol dan satu asis saat Manchester City menang 4-0 atas Liverpool. Keberhasilan di atas membuat Phil Foden disebut-sebut layak menggantikan posisi David Silva yang meninggalkan Manchester City akhir musim ini.

Sumber/Rewrite: okezone.com/Tiyas Aprilia
Sebelumnya Berikutnya