NASIONAL - Menjalani adaptasi kebiasaan baru, pengiriman makanan bisa menjadi pilihan untuk meminimalisir risiko penularan Virus Korona. Sebab, tidak perlu datang langsung ke tempat makan dan bertemu banyak orang.

Duta adaptasi kebiasaan baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan meski mengurangi aktivitas keluar rumah bisa berdampak positif, tapi kita tetap perlu memastikan makanan yang datang terjaga kebersihannya. Berikut tips mengonsumsi makanan dari layanan pesan-antar:

Terapkan Contactless Delivery
Selama menjalani social distancing, pemesanan makanan yang aman dan sehat bisa dilakukan dengan menerapkan contactless delivery. Metode ini, pesanan makanan diberikan tanpa harus melakukan kontak langsung dengan petugas pengiriman atau kurir.

Sebelumnya, Anda harus menginformasikan terlebih dulu pada petugas agar tidak memberikan makanan secara langsung. Selain itu, sediakan tempat yang bisa digunakan untuk menaruh makanan tersebut saat kurir datang.

Baca Juga: Sebar Tandon Cuci Tangan Upaya Penanganan Covid-19

Sejumlah pesan antar online pun sudah menerapkan metode ini. Dengan begitu Anda bisa segera mencoba cara ini ketika melakukan pesanan online.

Gunakan Pembayaran Cashless
Cashless atau pembayaran non-tunai ini dapat secara efektif meminimalisir penyebaran kuman, bakteri serta virus. Pasalnya, uang tunai yang biasa digunakan untuk transaksi telah berpindah dari satu orang ke orang lain hingga jumlah yang tidak terhingga. Sehingga tidak heran jika kuman, bakteri bahkan virus dapat menumpuk pada permukaan uang tersebut.

Dengan memanfaatkan dompet digital yang Anda miliki, transaksi non-tunai bisa dengan mudah dilakukan. Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi memberikan uang hingga menerima uang kembali dari kurir. Cara ini dapat mengurangi kontak langsung dengan petugas pengiriman. Sehingga upaya social distancing dapat dilakukan dengan baik.

Pindahkan Makanan ke Piring Bersih
Segera memindahkan makanan ke piring atau tempat yang lebih bersih. Setelah dipindahkan pada piring bersih, segera buang bungkus makanan yang telah digunakan pada tempat sampah. Dalam hal ini, Anda dianjurkan untuk tidak lupa membersihkan tempat membuka makanan dan cuci tangan agar tetap bersih dan bebas dari kontaminasi kuman, bakteri, serta virus.

Panaskan Ulang Makanan
Sebelum menyantap makanan tersebut sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 65 derajat celcius selama 3 menit. Hal ini bisa dilakukan untuk menguruangi risiko kuman yang menempel saat proses pengemasan maupun pengiriman.

Cuci Tangan
Langkah terakhir saat memesan makanan agar aman dan sehat selama social distancing, tidak lain adalah mencuci tangan. Sebelum menyantap pesanan makanan, Anda wajib mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia
Sebelumnya Berikutnya