Sebar Tandon Cuci Tangan Upaya Penanganan Covid-19


JOMBANG – Sebagai upaya mempercepat penanganan Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang mulai memasang ratusan tandon air untuk cuci tangan masyarakat. Sebagaimana data yang dihimpun Ketua Bidang Logistik Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jombang, Miftahul Ulum, S.T., M.Si saat ini terdapat lebih kurang 150 tandon air lengkap beserta tatakannya yang terbuat dari besi, wastafel dan sabun.

Miftahul Ulum mengungkapkan, “Dana untuk pengadaan tandon air cuci tangan ini diambilkan dari anggaran dana tidak terduga Pemkab Jombang khusus Covid-19 yang diperkiran mencapai satu miliar rupiah. Akumulasi per paket tandonnya dianggarkan Rp 2.150.000. Paket tandon tersebut akan dibagikan ke semua kecamatan di Jombang. Pembagiannya setiap desa dan kelurahan akan mendapatkkan satu paket tandon dan masing-masing kecamatan akan mendapatkan dua paket tandon air.”

Selain itu, lanjutnya, ada 40 tandon tandon yang juga dipasang di area jalur T yaitu di Jalan KH. Wahid Hasyim, A. Yani, Jalan Presiden KH. Abdurrahman Wahid, dan KH. Hasyim Asy’ari. Selanjutnya dua tandon dipasang di setiap pasar, namun untuk Pasar Legi, Pasar Pon, dan Pasar Tunggorono karena memiliki lahan yang luas, dipasang empat tandon. Beberapa fasilitas umum dan tempat ibadah juga terdapat tandon air.

Baca Juga: KPK Ajak Masyarakat Anti Korupsi

“Teknis perawatan hingga pengisian ulang air kami serahkan ke pihak desa, kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan pihak yang diberikan bantuan. Kecuali untuk ruang publik akan ditanggung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang. Kalau di pasar yang tanggung jawab pengelola pasarnya. Begitu juga di desa dan kecamatan,” ujar Miftahul Ulum.

Pemilihan tandon juga tidak sembarangan agar dalam perawatannya tidak sulit dan kondisi air juga baik bagi kesehatan. Miftahul Ulum menjelaskan bahwa tandon tersebut memiliki lapisan luar anti sinar ultraviolet (UV). Selain itu juga tahan lama, mampun menahan panas, tidak akan berkarat, tidak mudah retak dan mengelupas maupun pecah pada kondisi cuaca yang sangat buruk sekalipun. Kelebihan lain adalah memiliki lapisan Plascobrite White Deluxe yang bersifat homogen, halus, tidak berbau. Lapisan ini dapat menghambat pertumbuhan jamur dan lumut.

Reporter/Foto: Aditya Eko P.
Powered by Blogger.