Nadzira Qurbah Sholihah Raih Juara Bersama Mama


MEGALUH – Menjalin kebersamaan antara orang tua dan anak jika dilakukan dengan penuh keseriusan ternyata membuahkan prestasi yang membanggakan. Seperti Arum Setianik dan putrinya Nadzira Qurbah Sholihah saat mengikuti lomba fingerpainting yang digelar oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Jombang pada awal tahun 2020.

Fingerpainting ini adalah kegiatan melukis dengan menggunakan jari-jari tangan yang bersentuhan langsung dengan cat. Kalau dilakukan bersama-sama akan menimbulkan daya tarik tersendiri, bahkan dengan orang tua bisa menjadi jembatan membangun hubungan yang harmonis.

Nadzira Qurbah Sholihah mengungkapkan sebenarnya suka dengan melukis. Selain sudah kerap dikenalkan oleh ibunya, Nadzira begitu gadis cilik ini akrab disapa semakin bersemangat ketika melakukannya bersama orang tercinta.

Baca Juga: Kopi Pare Temuan Kreatif dalam PKM

Gadis cantik yang kini sekolah di KB Adinda Megaluh ini menceritakan bahwa dahulu dirinya enggan menyentuh cat air dengan menggunakan tangannya. Hal itu karena menurutnya akan mengotori tangannya. Namun dengan bantuan ibunda tercintanya dan juga sering dilatih di sekolahnya, kini dirinya tidak takut lagi.

“Terkadang juga capek jika pola gambarnya besar. Untung ada ibu yang membantu jadinya semakin bersemangat. Biasanya saya memberi catnya dibagian tengah saja, nanti untuk di pingginya (garis tepi pola gambar) itu ibu saya. Biar hasilnya rapi,” jelasnya sambil tertawa.

Alhamdullilah sangat senang sekali saat disampaikan mendapat Juara Pertama. Padahal pesertanya mencapai ribuan. Terpenting dilakukan dulu saja soal hasil biar juri yang menilai, terang gadis yang menggemaskan ini.

Sementara itu, Arum Setianik mengatakan bahwa penting melatih anak untuk menggunakan tangannya dalam menggambar. Menurutnya hal itu secara tidak langsung akan melatih otot-otot halus anak pada tangan dan jari yang sangat berguna sebagai bekal berlatih menulis.

“Selain itu dapat melatih anak untuk menggunakan indranya yaitu indra peraba karena kegiatan fingerpainting ini mengharuskan anak untuk bersentuhan langsung dengan cat pewarna untuk bahan melukis dengan menggunakan jari-jari. Kegiatan ini juga dapat membantu anak untuk mengenal warna dan pencampuran warna karena bebas memilih serta mencampur cat warna yang akan dipakai untuk kegiatan melukisnya,” tutur Arum Setianik.

Reporter/Foto: Aditya Eko P.