INTERNASIONAL - Memastikan gelar juara Liga Inggris 2019-2020 pada pekan ke-31. Ketika mereka memastikan gelar juara, The Reds julukan Liverpool masih melakoni tujuh pertandingan.

Saat ini setelah melewati 34 pertandingan, Liverpool mengoleksi 92 angka, unggul 23 poin dari Manchester City di tempat kedua. Kesuksesan tim besutan Jurgen Klopp itu tidak lepas dari peran semua personel di dalam tim The Reds, termasuk dari pemain muslim. Ada empat pemain muslim di dalam tim juara ini, antara lain:

Mohamed Salah
Mohamed Salah didatangkan dari klub Italia AS Roma dengan nilai transfer sebesar 35 juta poundsterling pada musim panas 2017. Kiprah Mohamed Salah yang sangat produktif di Liverpool juga mengubah persepsi miring masyarakat Inggris tentang Islam.

Baca Juga: Di Balik Penanggalan Kalender Hijriah

Persepsi negatif fans klub ini tentang Islam yang tampaknya umum di Inggris luluh dengan sikap Mohamed Salah yang pandai membawa diri dan rendah hati. Musim ini bersama Liverpool, Mohamed Salah mengoleksi 19 gol dan sembilan assist dari 30 pertandingan Liga Inggris.

Sadio Mane
Sadio Mane bergabung dengan Liverpool pada 2016. Pemain berpaspor Senegal ini berasal dari Bambali, sebuah kota kecil di Senegal. Sadio Mane merupakan seorang Muslim yang taat yang selalu menunaikan salat 5 kali waktu dan menghindari alkohol. Bersama Liverpool di Liga Inggris 2019-2020, Sadio Mane mencetak 16 gol dan sembilan assist dari 31 pertandingan.

Xherdan Shaqiri
Xherdan Shaqiri dilahirkan di Yugoslavia dan dibesarkan di Swiss. Dia bermain di Stoke City sebelum merumput bersama Liverpool pada 2018 dengan nilai transfer 18 juta poundsterling. Saat Xherdan Shaqiri ditanya tentang Natal, ia mengatakan bahwa dirinya Muslim sehingga tidak terlalu merayakan Natal tersebut.

Musim ini bersama Liverpool, Shaqiri hanya turun dalam enam pertandingan Liga Inggris dengan koleksi satu gol. Minimnya jumlah itu karena Shaqiri sering dilanda cedera musim ini.

Naby Keita
Naby Keita merupakan pemain asal Guinea. Gelandang RB Leipzig ini pindah ke Liverpool pada 2018 dengan nilai 65 juta poundsterling. Naby Keita merupakan sahabat Sadio Mane. Mereka kenal sejak sama-sama bermain untuk RB Salzburg.

Bersama Liverpool di Liga Inggris 2019-2020, Naby Keita turun dalam 14 pertandingan dengan raihan satu gol dan dua assist. Dua assist terkini dicetak Naby Keita di dua laga terakhir saat Liverpool menang 2-0 atas Aston Villa dan 3-1 kontra Brighton & Hove Albion.

Sumber/Rewrite: okezone.com/Tiyas Aprilia
Sebelumnya Berikutnya