NASIONAL - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan selalu mengedepankan keselamatan, keamanan serta kenyamanan kepada penonton sepakbola di Stadion.

Hal tersebut disampaikan perwakilan Departemen Infrastrukur, Keselamatan dan Kenyamanan PSSI, Patilatu Arek dalam acara Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) dengan tema Peningkatan Kapasitas Tenaga Keolahragaan. Dijelaskan PSSI berkeinginan untuk membuat aman dan nyaman penonton dengan memaksimalkan infrastruktur stadion.

Menurut Patilatu Arek, keselamatan dan keamanan adalah suatu komponen penting dari setiap acara, pertandingan atau turnamen sepakbola yang sukses, merupakan prioritas utama bagi FIFA (Federasi Sepakbola Dunia). Acuannya adalah, Regulation and Safety FIFA, Football Stadium FIFA, dan AFC Safety and Security Regulation.

Baca Juga: Ludruk Cilik Gerbang Pembentukan Karakter Desa


Dia menjelaskan ada perbedaan antara penonton dan suporter. Penonton adalah mereka yang menonton olahraga baik secara atau tidak langsung. Sementara suporter adalah penonton yang juga menonton suatu pertandingan sepakbola tetapi memiliki afiliasi dimana aspek identitas, ikatan emosional dan nilai berasal dari klub.

Patilatu Arek menjabarkan benda-benda terlarang yang tidak bisa masuk ke dalam stadion. Alat yang bisa digunakan sebagai senjata pasti dilarang masuk ke stadion. Kemudian alat yang bisa menyebabkan kerusakan, zat ilegal, sesuatu yang bersifat rasis, hewan, benda besar dan berat yang tidak dapat disimpan di bawah kursi juga dilarang masuk ke stadion.

Patilatu Arek melanjutkan barang apa pun yang dapat mengalihkan perhatian para pemain (laser pointer, atau benda-benda yang menimbulkan volume berlebihan), materi promosi atau komersial yang merugikan sponsor dari suatu pertandingan. Kemudian perangkat merekam atau kamera dalam bentuk apapun selain yang digunakan untuk keperluan pribadi, objek lain yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan publik yang merusak jalannya pertandingan, barang apapun yang dapat membatasi pandangan penonton lain.

Patilatu Arek menambahkan aturan bagi para penonton yang ingin mendukung tim di stadion. Penonton di stadion tidak membahayakan keamanan dan keselamatan diri sendiri atau orang lain, menempati tempat duduk dengan ketentuan yang terdapat pada tiket masuk. Untuk itu, dirinya memberikan anjuran kepada penonton atau suporter yang akan menonton suatu pertandingan sepak bola untuk membeli tiket resmi bukan dari calo atau orang yang tidak berhak.

Penonton diharapkan datang lebih awal tiga jam sebelum pertandingan, tidak membawa benda berharga atau perhiasan berlebihan, tidak membawa barang yang dilarang masuk ke dalam stadion, serta menghindari membawa tas agar proses masuk ke stadion tidak terlalu lama.

Terakhir jangan membuang sampah sembarangan di dalam stadion karena akan meningkatkan potensi kebakaran maupun membahayakan orang lain, tanamkan kesadaran bahwa mungkin terdapat perempuan, anak-anak dan penyandang disabilitas serta penonton yang rentan lainnya.

Sumber/Rewrite: okezone.com/Tiyas Aprilia
Sebelumnya Berikutnya