DIWEK – Meski berada di desa, namun prestasi SDN Balongbesuk, Kecamatan Diwek terbilang jempolan. Segudang prestasi telah diraih oleh sekolah ini. Mulai prestasi tingkat kabupaten, hingga tangkat provinsi. Tentunya hal itu tidak datang begitu saja. Namun melalui kerja keras dan proses panjang.

“Kami terus berinovasi dan mendukung segala kemampuan peserta didik. Bahkan menjadi target tahunan dengan mampu mengoleksi kurang lebih 30 piala kejuaraan dari akademik maupun non akademik. Semangat ini terjalin atas dukungan semua pihak guna mengembangkan bakat serta minat peserta didik sejak jenjang SD,” ungkap Kepala SDN Balongbesuk, Khamdani, S.Pd.

Pendamping sekaligus guru kelas VI Elok Prihatiningsih, S.Pd.SD. menuturkan, “Walaupun keberadaan sekolah ini di desa, kami selalu berupaya optimal untuk mengikuti sejumlah kompetisi. Baik itu kompetisi tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, bahkan provinsi. Sekolah selalu memfasilitasi. Kami menyadari, dengan mengikuti kompetisi, peserta didik mampu menggali bakat dan minat yang mereka miliki.”

Baca Juga: Tanpa Internet Google Classroom Bisa Digunakan

Upaya tersebut berbuah manis. SDN Balongbesuk sudah memiliki nama pada beberapa kejuaraan, seperti drumben dan pramuka. Prestasi di dua kejuaraan itu selalu membanggakan. Minimal, SDN Balongbesuk menjadi juara favorit, selebihnya juara I, bahkan juara umum.



“Peserta didik mengikuti kompetisi mulai tingkat kecamatan, kabupaten, hingga provinsi. Jelajah kompetisi sudah sampai Mojokerto, Kertosono, dan tentu Jombang. Bagi kami menggali pengalaman melalui keikutsertaan dalam kompetisi akan menjadi modal untuk berkembang,” tutup Elok Prihatiningsih.

Terpenting adalah menjalin komitmen dulu antara peserta didik dengan walinya supaya serius dalam mencapai prestasi sekalis mendukung sepenuh hati. Sementara itu SDN Balongbesuk menyediakan fasilitas yang mumpuni serta pembina berkualitas. Berikutnya prestasi pasti akan mengikuti dengan sendirinya.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa
Sebelumnya Berikutnya