Sepeda Lipat Naik Daun di Warganet


NASIONAL - Aktivitas bersepeda semakin diminati selama pandemi corona. Masyarakat mengandalkan bersepeda untuk menjaga kebugaran tubuh dan mengurangi kebosanan selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Riset dari situs meta-search iPrice menunjukkan ketertarikan masyarakat Indonesia menggunakan sepeda lipat untuk alat olahraga dan kebugaran tubuh, dan alternatif mode transportasi darat dalam kota.

Menurut iPrice, ada tiga jenis sepeda yang banyak dicari pengguna internet. Salah satunya sepeda lipat atau folding bike. Tingkat pencarian untuk kata kunci (keyword) sepeda lipat memang belum begitu melonjak pada Maret 2020 saat awal pandemi korona di Indonesia. Popularitas keyword sepeda lipat menggunakan Google Keyword Planner pada Maret 2020 hanya mendapatkan tingkat ketertarikan sebesar 90.500.

Baca Juga: PGRI Jombang Berbagi Mengurangi Beban Akibat Pandemi

Pencarian kata kunci sepeda lipat mulai naik pada April 2020 hingga 82 persen menjadi 165.000. Padahal, April 2020 merupakan awal mula diterapkannya PSBB pada sebagian besar provinsi di Indonesia. Pada Mei 2020, ketertarikan pencarian di internet untuk sepeda lipat stabil. Kemudian, pada Juni 2020 meningkat drastis untuk pencarian keyword sepeda lipat. Peningkatan pencarian tercatat hingga 644 persen dibanding Maret 2020 dengan jumlah 673.000.

Jenis sepeda kedua yang banyak dicari pengguna internet yakni sepeda gunung (mountain bike). Tingkat ketertarikan pencarian untuk kata kunci sepeda gunung meningkat hingga 680 persen sejak 1 Maret hingga 21 Juni 2020. Ketiga, sepeda anak (kids bicycle) dengan tingkat ketertarikan pencarian yang meningkat sejak 1 Maret sampai saat ini sebesar 142 persen.

Di sisi lain, iPrice menyatakan 60 persen dari pasar sepeda saat ini dikuasai sepeda lipat, 30 persen untuk pasar sepeda gunung, sedangkan sisanya merupakan produk lain seperti sepeda kota dan sepeda untuk anak-anak. iPrice mencatat pencarian kata kunci sepeda lipat tertinggi ada di Jawa Barat sebesar 19,4 persen. Kemudian, Jawa Tengah sebesar 17,7 persen dan DKI Jakarta sebesar 16,7 persen.

Platform yang banyak digunakan pengguna dalam mencari sepeda yaitu 92,4 persen melalui mobile, 7 persen melalui desktop, dan 0,6 persen melalui tablet. iPrice menggunakan metodologi riset dan pengambilan data dari Google Trends. Data ketertarikan pencarian yang paling dicari konsumen Indonesia dianalisis selama periode 1 April hingga 30 Juni 2020.

Sumber/Rewrite: katadata.co.id/Tiyas Aprilia