Tahukah Anda Pintu Pesawat Terbang Selalu di Sebelah Kiri?


Jakarta - Anda yang sering naik pesawat atau melihat pesawat, pasti pintu pesawat selalu berada di sebelah kiri. Baik pesawat komersil maupun jet pribadi, semua pintunya ada di sebelah kiri pesawat.

Tentu ada alasan khusus kenapa pintu penumpang pesawat selalu berada di sisi kiri. Dilansir dari akun Instagram @pesawatr80, penempatan pintu pesawat di sebelah kiri dilakukan untuk memisahkan aktivitas para penumpang dengan kru di luar pesawat.

Alasannya, selain mengangkut penumpang, pesawat juga diisi barang-barang milik penumpang yang tidak masuk ke dalam kabin. Agar pekerjaan para kru tidak terganggu, maka pintu pesawat dibuat di sisi kiri, sementara untuk bagasi berada di sisi sebelah kanan.

Bukan hanya di Indonesia, penggunaan sisi kiri sebagai pintu keluar masuk juga dilakukan pada maskapai penerbangan internasional lainnya. Pabrik-pabrik pembuatan pesawat pun saat merancang pesawat menggunakan standar tersebut.

Baca Juga: Seribu Paket Sembako untuk Guru

Dilansir dari laman Travel and Leisure, seorang mantan pilot Angkatan Udara Amerika Serikat di Quora mengatakan bandara dulu disiapkan agar pesawat bisa menerima taxi (proses jalan di darat menuju runway) di depan terminal dan berhenti untuk mengeluarkan penumpang. Tujuannya, agar pilot bisa mempertimbangkan jarak ruang sayap dari gedung terminal dan memasang pintu pesawat di depan pintu terminal.

Selain itu, ada penjelasan lain kenapa pilot duduk di bagian sisi kiri, sedangkan co-pilot di sisi kanannya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pilot mengontrol kedekatan sayap pesawat dengan terminal bandara.

Tangki Bahan Bakar

Alasan lainnya penggunaan sisi kiri pesawat terbang sebagai pintu keluar masuk, karena bagian kanan terdapat tangki bahan bakar. Akan lebih baik kalau penumpang menggunakan pintu di arah sebaliknya.

Unggahan instagram @pesawatr80 mengatakan akses bahan bakar ke pesawat terbang komersial banyak dilakukan di sisi kanan pesawat terbang. Sehingga pemisahan penumpang dari kegiatan servis darat mengurangi risiko cedera akibat kendaraan yang bergerak.

Hal serupa dijelaskan pihak Otoritas Penerbangan Sipil Inggris. Akses masuk pesawat selalu dibuat di sisi kiri. Tujuannya, karena ada pergerakan kendaraan di sisi kanan. Selain itu juga ada pengisian bahan bakar maskapai komersial meski tidak semua pengisian dilakukan di sisi kanan.

Sumber/Rewrite: liputan6.com/Tiyas Aprilia