NASIONAL - Dalam waktu dekat, WhatsApp akan merilis sederet fitur baru untuk para pengguna. Beberapa fitur tersebut sebelumnya sudah diuji coba untuk pengguna dalam jumlah terbatas. Menurut pihak WhatsApp, fitur ini digelontorkan untuk meningkatkan kenyamanan serta mempermudah pengguna dalam mengoperasikan aplikasi WhatsApp. Ada lima fitur baru yang akan segera hadir dalam waktu dekat.

Dark Mode Pada Whatsapp Desktop
Selain pada versi mobile, WhatsApp turut menggulirkan mode gelap atau dark mode pada aplikasi versi desktop miliknya. Fitur ini menjadi primadona karena menghadirkan nuansa hitam yang teduh dan dinilai nyaman dilihat oleh mata. Serupa dengan yang dimiliki versi mobile, mode gelap pada versi desktop akan mengusung latar bernuansa hitam dengan teks tulisan berwarna putih.

Baca Juga: Mengintip Dunia dengan Membaca

Stiker Animasi
Fitur stiker animasi untuk platform pesan instan lain memang bukan barang baru. Namun, ini adalah kali pertama stiker animasi hadir di WhatsApp. Sebelumnya, WhatsApp diketahui telah meluncurkan stiker WhatsApp pada awal 2020.

Meski sempat digelontorkan, WhatsApp menarik kembali fitur tersebut. Fitur ini sempat muncul di aplikasi beta versi 2.20.194.7, kemudian hilang pada pembaruan versi 2.20.194.9. Stiker animasi sebelumnya telah populer digunakan pada aplikasi Telegram, iMessage, Line, dan WeChat. Pihak WhatsApp berjanji untuk menggelontorkan beragam jenis stiker animasi yang lucu dan ekspresif.

QR Code
Setelah sempat muncul di versi Android beta 2.20.171, WhatsApp kembali menghadirkan fitur QR Code. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan lebih mudah untuk menambahkan atau berbagi kontak kepada pengguna lainnya.

Pengguna hanya perlu memindai QR Code yang dimiliki pada pengguna WhatsApp lain dengan memilih menu Scan Code (pindai kode). Setelah selesai memindai QR Code, maka WhatsApp akan secara otomatis menyimpan nomor ponsel akun yang dipindai. Fitur ini lebih mudah, daripada harus memasukkan nomor pengguna baru secara manual.

Group Video Call
WhatsApp turut memperbarui fitur panggilan video. Setelah digelontorkan untuk pengguna WhatsApp beta beberapa waktu lalu, panggilan grup video di WhatsApp kini bisa dilakukan oleh delapan orang sekaligus. Pengguna kini dapat mengklik gambar salah satu peserta group call untuk menampilkan video wajah orang tersebut secara fullscreen.

Status di WhatsApp KaiOS
Terdapat fitur status yang khusus digulirkan untuk para pengguna KaiOS. Dengan fitur ini, pengguna dapat membagikan status terbaru mereka, yang akan hilang secara otomatis setelah 24 jam ditayangkan. Fitur ini sebenarnya bukanlah fitur baru untuk pengguna WhatsApp Android dan iOS. Sebagai informasi, KaiOS merupakan sistem operasi untuk feature phone agar bisa bekerja selayaknya sebuah smartphone.

Fitur ini mirip dengan fitur Stories yang dimiliki Instagram atau pada SnapChat. Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, mode gelap pada WhatsApp desktop, fitur group video call, dan fitur status di KaiOS akan segera dirilis dalam waktu dekat. Sementara fitur stiker animasi dan QR Code akan digulirkan secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan.

Sumber/Rewrite: Kompas.com/Tiyas Aprilia
Lebih baru Lebih lama