NASIONAL - Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia diundur lagi oleh AFC ke tahun 2021. Timnas Indonesia kini dipastikan tak punya agenda apapun sampai akhir tahun.

Seharusnya Timnas Indonesia memainkan tiga laga sisa kualifikasi melawan Thailand (8/10), Uni Emirat Arab (13/10), dan Vietnam (12/11). Tiga pertandingan itu dipastikan batal dan digeser ke tahun 2021.

Tiga jadwal pertandingan di atas pun sebenarnya merupakan penundaan. Seharusnya tiga pertandingan tersebut sudah digelar pada Maret dan April lalu. Namun urung terlaksana karena pandemi virus korona. Kini AFC dan FIFA kembali memutuskan menunda sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dalam situasi Covid-19 di banyak negara, FIFA dan AFC setuju bahwa pertandingan sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, yang seharusnya digelar selama jeda internasional pada Oktober dan November 2020, akan dijadwalkan ulang ke tahun 2021.

Baca Juga: Guru Penentu Kualitas Pembelajaran

Dengan tujuan melindungi kesehatan semua peserta, FIFA dan AFC akan terus bekerja sama dalam memantau situasi di regional ini untuk menentukan jadwal baru untuk sisa laga kualifikasi. Detail selanjutnya tentang jadwal baru untuk babak selanjutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 akan diumumkan dalam kesempatan selanjutnya.

Timnas Indonesia dipastikan tak punya agenda di sisa tahun. Sebelumnya, AFF juga sudah memutuskan menunda gelaran Piala AFF 2020 dengan alasan yang sama seperti AFC. AFF sudah lebih dulu menunda turnamen dua tahunan itu dan digeser ke tahun 2021. Rencananya, pesta sepakbola bangsa-bangsa Asia Tenggara itu akan digelar pada Bulan April 2021.

Sementara itu, Timnas Indonesia sebenarnya sudah memulai persiapannya untuk menghadapi tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia. Irfan Bachdim beserta tim telah berkumpul di Jakarta sejak 23 Juli dan berlatih di Stadion Madya.

Sumber/Rewrite: detik.com/Tiyas Aprilia
Sebelumnya Berikutnya