JOMBANG – Berbisnis harus dimulai suka terlebih dulu terhadap bidang yang akan digeluti. Itulah kunci yang disampaikan oleh pemilik Rumah Makan Aneka Sambal Jombang, Mila Umil Habibah. Selain menikmati dan larut di dalamnya, tentu pelbagai upaya akan dilakukan supaya bisnisnya berkembang.

“Meskipun awalnya berupa waralaba, namun saya tidak berhenti mengembangkang bisnis kuliner ini. Selain itu seluruh potensi yang dimiliki karyawan juga harus terus diasah,” terang Mila, sapaan perempuan berhijab ini.

Oleh karena itu, segala upaya selalu dijalankan supaya menghasilkan keuntungan. Meski bisnis kuliner sudah memiliki nilai plus, karena selalu dibutuhkan, namun inovasi harus tetap dilakukan. Sehingga, mampu bersaing dan memunculkan ragam pengembangan yang menjadikannya berbeda.

Baca Juga: Kelulusan Tahun Pelajaran 2019/2020 Sepenuhnya di Tangan Sekolah

Mila menyadari, hidangan di Indonesia rata-rata selalu dilengkapi dengan sambal. Nah, dari situ dirinya mengembangkan aneka ragam sambal menyesuaikan sajian utamanya. Berikutnya bisa dikembangkan ke sektor lain yang akan meningkatkan kualitas bisnis ini dibandingkan dengan lainnya.

Mila Umil Habiba menuturkan, “Karyawan pun jangan berhenti pada posisinya sekarang ini. Meraka bisa menjajal yang lain, sehingga kemampuannya terasah dan memberikan kontribusi. Misalkan kasir, bukan tidak mungkin belajar memotong sayur. Dengan begitu, kompetensinya tidak masalah sirkulasi dan pembukuan keuangan, namun juga bisa cakap di dapur.”

Akhirnya tidak hanya bisnis yang diuntungkan, tetapi seluruh pihak yang ada di dalam turut merasakan. Baik secara finansial hingga ilmu yang barokah sebagai modal ke depan.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini/Istimewa
Sebelumnya Berikutnya