Salah satu hal yang membuat semangat sekolah pada saat masih duduk di bangku TK dan Sekolah Dasar, salah satunya adalah jajanan. Dulu, hanya dengan bekal Rp 500 saja, kita sudah bisa membeli jajanan favorit. Sekarang, uang Rp 500 bisa buat beli apa ya?

Kini, jajanan yang jadi favorit masa anak-anak cukup sulit ditemukan. Namun, beberapa jajanan dulu masih eksis hingga sekarang. Tapi, harganya sudah jauh lebih mahal.

Baca Juga: Menjadi Guru Berhati Guru

Kira-kira berapa ya harganya sekarang? Yuk, intip harga 5 jajanan hits tempo dulu yang eksis hingga sekarang:

Telur Gulung
Cita rasa yang gurih membuat telur gulung menjadi jajanan favorit semua orang. Perbedaan harga yang cukup jauh tidak menghalangi kepopuleran jajanan ini. Zaman dulu, telur gulung dijual dengan harga Rp 100-Rp 500 per tusuk. Tapi, kini harganya mencapai Rp 1.000-Rp 2 ribu per tusuk. Ada juga yang menjual dengan harga Rp 5 ribu per 3 tusuk.

Harum Manis
Jajanan yang satu ini bikin kita penasaran bagaimana cara proses pembuatannya hingga menjadi tumpukan kapas berwarna merah jambu. Meski tak sebanyak dulu, harga jajanan ini sekarang berkisar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per bungkus. Walau pun harganya cukup jauh dengan harga jaman dulu, harum manis mampu membuat kita bernostalgia dengan masa kecil.

Rambut Nenek
Berlapis dua keping roti tipis garing yang mirip kerupuk, diisi dengan gulali bertekstur seperti serat membuat jajanan ini memiliki rasa manis seperi permen kapas. Rambut nenek ini, dulu bisa kita beli dengan harga Rp 500 saja. Tapi, sekarang harga rambut nenek bisa mencapai Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu.

Kue Cubit
Kue cubit menjadi jajanan populer yang masih banyak dijual hingga saat ini. Biasanya, para pencinta kue cubit memesan dalam kondisi setengah matang. Dulu harga kue cubit hanya Rp 500. Kini, harganya tak semurah dulu, kue cubit sekarang dijual dengan harga Rp 5 ribu hingga Rp 12 ribu per kotak tergantung topping dan rasa yang dipesan.

Mi Lidi
Mi lidi terkenal dengan rasa pedasnya dan bentuknya yang panjang seperti lidi. Dengan varian rasa yang berbeda dengan jaman dulu, membuat mi lidi bertahan menjadi jajanan yang masih eksis hingga sekarang.

Dengan harga Rp 500, dulu kita sudah bisa menikmati jajanan ini. Berbeda dengan sekarang, harga mi lidi sekarang dijual sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu per bungkus. Rasanya pun bervariasi, mulai dari pedas, jagung bakar, keju dan varian rasa lainnya.

Masih banyak jajanan lainnya yang bisa membuat kamu bernostalgia dengan masa kecil. Jadi mana yang menjadi jajanan favoritmu?

Sumber/Rewrite: kumparan.com/Tiyas Aprilia
Sebelumnya Berikutnya