Peran media dalam pembelajaran khususnya dalam pendidikan anak usia dini semakin penting mengingat perkembangan anak pada saat itu berada pada masa berfikir konkrit. Media dalam proses pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar anak didik dalam pembelajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Keberadaan media pengajaran sebagai penunjang dalam proses pembelajaran diharapkan dapat menjadi stimulus yang dibutuhkan oleh anak, karena pada usia dini akan lebih tertarik serta lebih cepat dalam hal mempelajari sesuatu yang dapat di indranya, baik dengan cara dilihat, didengar, diraba, dicium dan dirasakan secara langsung. Salah satunya adalah membuat alat peraga belajar menghitung dengan beberapa contoh berikut ini:

Congklak (Dakon)

Permainan tradisional memang sangat seru untuk dimainkan. Alat permainan yang dikenal sebagai dakon (congklak) masih mudah ditemukan di pasar tradisional. Bapak/Ibu guru bisa menjadikannya sebagai alat belajar juga.

Cara memainkannya cukup mudah. Permainan ini di mainkan 2 orang. Tiap lubang di isi 5-7 kelereng/batu kecuali 2 induk lubang di kosongi. Pemain membagikan ke seluruh lubang, pemain akan mendapat giliran jika pemain sebelumnya kehabisan kelereng.

Baca Juga: Doni Rahmat Hermansyah Fotografi dan Peluang Bisnis

Permainan ini juga bermanfaat untuk anak didik umur 2-3 tahun diantaranya adalah mengenal jumlah sedikit-banyaknya dari suatu benda dan melatih konsentrasi anak didik. Bapak/Ibu Guru dapat membuat sendiri APE sederhana tersebut. Alat dan bahan seperti: Kardus, Gelas plastik, Lem, Guntung.Cara membuatnya: Buat pola seperti congklak, tempel atau lem gelas plastik, beri angka sesuai tempat yang mau di ajarkan (indikator pencapaian).

Menghitung Gambar Dengan Kain Flannel

Menghitung gambar benda dengan kain flannel juga merupakan permainan yang menyenangkan bagi anak didik. Selain itu tidak perlu repot untuk membuatnya. Siapkan alat dan bahan seperti kain flannel, lem, gunting, Sedotan/stik es krim.

Cara membuatnya buat pola pada kain flannel, gunting kain flannel sesuai pola, rekatkan dengan stik es krim/sedotan, buat juga bentuk angka dan tanda (jumlah, kurang, sama dengan).

Cara bermainnya seperti menghitung benda benda pada umumnya hanya media berbeda karena sesuai kelompok usia. Misalnya menjumlah benda yang warna atau bentuknya sama. Bisa juga acak tergantung indikator yg ingin di capai.

Sumber/Desain: Litbang Himpaudi Kabupaten Jombang/Aditya Eko P.
Sebelumnya Berikutnya