Tampilan Pop-up sangat menarik karena mempunyai unsur tiga dimensi dan gerak kinetik. Kumpulan potongan-potongan objek pada media tersebut kadang diikuti gerakan dari elemen gambar dengan cara membuka atau menarik halaman, sehingga dapat terbentuk sesuai dengan benda aslinya serta bertujuan untuk memberikan tampilan visual lebih menarik pada sebuah cerita.

Pop-up Bentuk Bunga

Cara membuat pop-up bentuk bunga

Bagian 1

Ambil sepotong kertas karton ukuran A4 sebagai dasar kartu. Lipat menjadi dua untuk membuat kartu. Beri warna hijau. Gunting garis berwarna putih. Lalu lipat ke dalam. Pola tersebut sebagai tangkai bunga supaya dapat terlihat berdiri.

Baca Juga: PPDB 2020 Rawan Manipulasi Dokumen

Bagian 2

Ambil kertas warna untuk membuat bunga. Buat pola seperti pada gambar diatas, kemudian gunting sesuai pola garis putih. Lipat beberapa pola untuk membentuk suatu mahkota bunga. Buat beberapa pola dan bermacam warna untuk variasi mahkota bunga dan daunnya.

Bagian 3

Tempatkan bunga di tepi ujung kartu yang terlipat. Menggunakan pensil, lacak di mana bagian bawah bunga mendarat. Lipat tumpukan kartu di sepanjang celah yang Anda potong. Buka lagi kartu dengan hati-hati, balikkan potongan kertas yang terlipat sehingga berdiri tegak di lipatan untuk membuat pop keluar dari kartu.

Pop-up Bentuk Hewan

Cara membuat pop-up bentuk hewan

Bagian 1

Ambil kertas karton ukuran A4 sebagai dasar kartu. Lipat menjadi dua untuk membuat kartu. Beri warna seperti gambar disamping.

Bagian 2

Buat pola hewan (ayam dan telur) pada kertas karton. Kemudian gunting sesuai pola tersebut. Warnai pola ayam dan telur agar terlihat menarik. Buat kertas persegi berwana hijau dengan ukuran 5 cm. Lalu lipat menjadi dua. Gunting sesuai pola.

Bagian 3

Buat tingkatan seperti gambar disamping. Setiap tingkatan tempel pola yang sudah dibuat dan diwarna. Susun secara baik agar pola dapat berdiri ketika kartu dibuka.

Desain/Materi: Aditya Eko P./Litbang Himpaudi Kabupaten Jombang
Sebelumnya Berikutnya