NASIONAL - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainduin Amali berpesan kepada para pemuda untuk menjaga karakter bangsa. Selain itu, menteri asal Gorontalo ini juga mengingatkan pentingnya berolahraga, apalagi saat ini Indonesia tengah menghadapi pandemi COVID-19.

Hal itu diungkapkan Menpora saat membuka webinar bela negara melalui aplikasi zoom, Rabu (29/7). Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu Pembinaan Kesadaran Nela Negara dan Menangkal Radikalisme.

Pada kesempatan itu, Menpora menyampaikan salah satu program prioritas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yaitu Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Budaya Bangsa di Kalangan Pemuda. Menurutnya, peran pemuda dalam bela negara sangat penting.

Baca Juga: Merdekalah dalam Merdeka Belajar

Zainduin Amali mengatakan karakter bangsa harus jaga betul. Jangan sampai ideologi kita melemah, ini hal yang tidak diinginkan. Ini bukan pekerjaan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Indonesia (BNPT) saja, tapi menjadi tangung jawab semua bagaimana membina generasi muda, menguatkan karakter dan ideologi.

Pemuda Harus Berolahraga dan Mentaati Protokol Kesehatan

Lebih lanjut, Menpora berpesan kepada generasi muda untuk memiliki karakter kuat dan tangguh demi menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bela negara harus dipahami secara luas agar bisa dilaksanakan masyarakat sesuai kapasitasnya masing-masing.

Sekarang ini ujian terhadap ideologi tentu kita rasakan dari masa ke masa. Perlu adanya sinergi satu sama lainnya. Keutuhan NKRI harus kita jaga bersama, dan mempertahankannya. Nah, kita harus waspada betul dari ancaman-ancaman yang muncul.

Di akhir kesempatan, Menpora kembali mengingatkan pentingnya menaati protokol kesehatan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) menghadapi pandemi COVID-19. Kebiasaan baru itu meliputi pemakaian masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Sumber/Rewrite: bola.net/Tiyas Aprilia
Lebih baru Lebih lama