JOMBANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang dalam proses membangun masjid di area tengah perkantorannya yang berada di Jalan Bupati R. Soedirman. Hal ini sebagai wujud visi dan misi Bupati Jombang membentuk masyarakat berkarakter serta berdaya saing.

Selain itu adanya muatan lokal keagamaan yang sudah berlangsung dalam beberapa tahun pelajaran terakhir, sangat diharapkan menjadi basis pendidikan keagaman. Kedepannya segala aktivitas keagamaan di dunia pendidikan Jombang bisa dilangsungkan di sana.

Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, Agus Purnomo SH., M.Si pun mengakui bahwa masjid yang diperkiran rampung pada akhir Desember 2020 ini menjadi sentral kegiatan keagamaan. Selain menjalankan ibadah secara berjamaah, juga diharapkan sebagai aktivitas pendidikan.

Baca Juga: Ki Sareh Budi Utomo Nyalakan Pelita Wayang Kulit Cek-Dong

“Sesuai rencana, pelbagai program keagamaan dilangsungkan di masjid tersebut. Mulai dari salat berjamaah, peringat hari besar agama Islam, pembelajaran, maupun perlombaan keagamaan. Semuanya bisa dilaksanakan di sini,” ungkap mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang ini.

Sementara itu Sekertaris Disdikbud Kabupaten Jombang yang bertindak sebagai Ketua Pembangunan mengatakan desain masjid dibuat senyaman mungkin. Selain memang bangunannya lebih megah dari musala sebelumnya, tata arsitekturnya pun disiapkan untuk beragam aktifitas yang bermanfaat.



Oleh sebab itu beragam program rutin akan disusun sehingga masjid selalu diramaikan dengan kegiatan positif. Apalagi keterlibatan pelbagai pihak pendidikan di Jombang semakin menguatkan rasa turut memiliki.

Agus Purnomo kembali menjelaskan, sebelum pembangunan masjid dimulai, pihaknya sudah menyosialisasikan ke seluruh insan pendidikan bahwa tidak menggunakan APBD. Pembangunan masjid dilaksanakan secara swadaya dan bergotong-royong.

Agus Purnomo menambahkan, “Baik dari Korwilker, MKKS, Pengawas, Penilik, PGRI, Himpaudi, dan IGTKI sudah diajak berdialog bersama. Penuh syukur semua mendukung dengan baik. Hingga sekarang ini pun saling berganti membantu dengan bermacam-macam wujud.”

Reporter/Foto: Aditya Eko P.
Sebelumnya Berikutnya