JOMBANG – Sejak Kurikulum 2013 (K13) diberlakukan, kegiatan Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh setiap peserta didik. Segala kegiatan yang dijalankan diharapkan melalui perencanaan hingga evaluasi. Serta dilengkapi dengan dokumen penunjang yang membuktikan kegiatan tersebut benar dilaksanakan.

SDN Gadingmangu II Perak merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kedisiplinan dalam pendokumentasian kegiatan kepramukaan. Atas hal tersebut, sekolah yang berdiri sejak 1985 itu berhasil meraih Juara II Lomba Gugus Depan Unggul Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Jombang tahun 2019 yang selanjutnya dipilih untuk mewakili Kwarcab Jombang mengikuti lomba serupa di tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur.

Baca Juga: PPDB 2020/2021 Harus Bercermin dari Pengalaman

“Saat ini kami tengah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk seleksi di provinsi. Karena Korona, seluruh prosesnya harus lebih ekstra karena dilakukan secara online,” ungkap Kepala SDN Gadingmangu II Perak, Purwoto, S.Pd.



Pelatih Pramuka SDN Gadingmangu II Perak, Gumilar Ichsan Sajati, S.Sos menjelaskan, keberhasilan ini tidak lepas pada kedisiplinan dalam menjalankan setiap proses kegiatan. Sejak perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hingga grafik pencapaian program atau kegiatan.

“Seluruh portofolio yang kami kumpulkan berdasarkan dengan kegiatan yang benar-benar dilakukan. Setiap minggu, memiliki agenda latihan mingguan. Setiap bulan menggelar bazar bekerjasama dengan Pramuka SMP/SMA Budi Utomo dan tiga bulan sekali mengadakan pendakian atau penjelajahan sekaligus bakti sosial pada masyarakat,” jelas Gumilar Ichsan Sajati.

Menurut Gumilar Ichsan Sajati, tidak mudah mengajak seluruh peserta didik untuk disiplin dalam mengikuti setiap kegiatan yang ada. Begitu pula dalam upaya penanaman karakter sebagai salah satu pembentukan generasi emas dan unggul. Namun dengan kesabaran dan ketelatenan peserta didik perlahan mampu mengikuti, selanjutnya mengaplikasikan kebiasaan yang dicontohkan tersebut.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini/Istimewa
Sebelumnya Berikutnya