Judul : Menjadi Peneliti itu Mudah

Penulis : M. Ali Efendi

Penerbit : Edulitera

Tahun Terbit : 2020

ISBN : 978-623-7454-74-8

Halaman : xvi + 122 hlm.

Penelitian ilmiah kerap kali dianggap sebagai momok oleh sebagian banyak orang. Penyebabnya adalah tidak biasa berpikir dan mengerjakan sebuah penelitian yang ilmiah. Hal itu sudah menjadi sesuatu yang melemahkan dengan sendirinya. Padahal dengan penggarapan sederhana dari peristiwa di sekitar bisa menjadi bahan yang menarik serta dapat dikaji secara ilmiah.

Melalui pendekatan yang sederhana, M. Ali Efendi dalam bukunya ini membuat pembaca menanggalkan kesan sulit dalam menekuni penelitian. Bahkan sejak membaca judul bukunya, pemikiran pembaca sudah dibuat goyah dan dimunculkan rasa optimisme baru, bahwa menjadi peneliti dan melakukan penelitian adalah sesuatu yang mudah.

Baca Juga: Gubernur Jatim Tinjau Pesantren di Jombang

Disusun secara sistematis, penulis tidak langsung menghajar pembaca dengan sesuatu yang berat dalam penelitian. Melainkan pembaca diajak terlebih dulu memahami hubungan erat menulis, membaca, dan meneliti. Karena saat menjadi peneliti, ketiga kegiatan itu dilakukan seluruhnya. Mungkin bagi sebagian orang pola semacam ini sedikit membosankan, karena ingin segera membaca inti pembahasan, namun seyogianya perlu diingat bahwa memahami dasar juga diperlukan.

Disampaikan dengan alur yang mengalir dan bahasa sederhana membuat penjelasan dalam buku ini mudah dipahami. Ditambah dengan semacam lembar soal atau isian di setiap tahapan yang dijelaskan, membuat pembaca untuk berpikir seolah sedang mengerjakan sebuah penelitian. Tentu saja, hal itu semakin menambah pemahaman pembaca terhadap topik materi yang dijelaskan.

Hal lain yang menjadi nilai lebih dalam buku ini adalah pembahasan yang tidak hanya terpaku dengan langkah-langkah internal menjadi peneliti, tetapi juga tentang memberikan tips, arahan, atau masukan untuk semakin memudahkan seseorang. Misalnya, melakukan korespondensi dengan peneliti lain untuk mendapatkan referensi jurnal yang mungkin saat dipublikasikan dijadikan jurnal berbayar. Selain untuk mendapatkan referensi, korespondesi juga membantu dalam penyelesaian penelitian.

Buku ini cocok dibaca untuk semua kalangan. Bahkan untuk peserta didik yang akan memulai penelitian sederhana. Juga mahasiswa yang akan menghadapi skripsi hingga guru yang akan menyusun karya ilmiah dan melakukan penelitian untuk berbagai tujuan. Pendek kata, membaca buku ini bisa menambah khazanah keilmuan dasar dalam proses penelitian.

Namun dalam setiap karya tentu tidak ada yang sempurna. Hal yang perlu diperbaiki dalam buku ini adalah kesalahan-kesalahan ketik di beberapa bagian. Begitu juga dengan jarak penulisan yang terlalu jauh. Meski tidak mengganggu secara keseluruhan, namun sedikit mengganggu saat membaca.

Perensensi: Fitrotul Aini
Sebelumnya Berikutnya