JOMBANG – Banyak sekali tumbuhan di sekitar lingkungan tempat tinggal yang tergolong Tanaman Obat Keluarga (Toga). Sayangnya, karena terbatasnya pengetahuan dan cara penggunaannya, akhirnya disia-siakan dan menjadi tenaman liar. Salah satunya adalah Bunga Kitolod.

Bunga Kitolod atau yang dikenal umum di masyarakat Kembang Jangar atau Bunga Bintang Lima kerap tumbuh subur di antara semak di pinggir jalan. Bunga yang bertangki panjang dan bermahkota berwarna putih ini ternyata memiliki khasiat luar biasa. Dulu banyak masyarakat menggunakan untuk pengobatan sakit mata.

Caranya cukup sederhana, yakni dengan memetik beberapa tangkai bunganya (minimal tiga tangkai) yang masih segar, belum layu, dan jika bisa baru merekah. Kemudian masukkan dalam gelas berisi air bersih, diamkan selama lima hingga limabelas menit.

Bunga Kitolod memang baik digunakan sebagai obat alternatif. Tetapi kalau dipergunakan terus menerus membuat mata kemerahan karena infeksi dan bernanah.

Setelah itu, ambil satu tangkai bunganya, teteskan air yang menempel dari ujung tangkai pada bagian mata kanan dan kiri (atau hanya pada mata yang sakit saja) masing-masing dua tetes.

Air rendaman Bunga Kitolod juga bisa digunakan sebagai cairan pencuci mata. Langkah penggunaannya sama seperti sebelumnya. Hanya saja air rendaman Bunga Kitolod dituangkan ke dalam eye bath cup (gelas pencuci mata) kemudian rendam mata bergantian dalam gelas. Saat mata terendam, kedip-kedipkan secara berulang.

Baca Juga: 7 Program Prioritas Pendidikan Mendikbud di Tahun 2021


Ada pula yang mengambil saat masih ada embunnya, kemudian dipencet dan diteteskan ke mata yang sakit. Namun demikian Bunga Kitolod tidak baik jika digunakan dalam kurun waktu yang panjang. Hal itu malah menjadi petaka, karena bisa merusak kornea mata.



Dokter Spesialis Mata dari Jakarta Eye Center, dr. Ferdiva Hamzah mengemukakan bahwa Bunga Kitolod memang baik digunakan sebagai obat alternatif. Tetapi kalau dipergunakan terus menerus membuat mata kemerahan karena infeksi dan bernanah.

Kandungan senyawa seperti politerol, alkaloid, flavonoid, dan samponi dalam Bunga Kitolod memang dapat menyembuhkan penyakit mata. Kalau sakit mata masih berlanjut, lebih baik dihentikan dan beralih ke pengobatan pada ahlinya.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini 

Sebelumnya Berikutnya