JAKARTA - Sekelompok pemuda yang tergabung dalam organisasi 2030 Youth Force Indonesia menyelenggarakan perayaan Hari Pemuda Internasional 2020 dengan tema yang bertajuk Youth Engagement for Global Action. Consultative Meeting merupakan salah satu dari serangkaian agenda kegiatan perayaan International Youth Day (IYD) 2020.

2030 Youth Force Indonesia adalah jaringan pemuda regional di Asia-Pasifik yang membawa agenda 2030 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk semua. 2030 Youth Force menginspirasi pemuda untuk terlibat dalam promosi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan memulai tindakan untuk mendorong perubahan positif menuju masyarakat yang inklusif dan damai. Dengan menggunakan SDGs Poin 16 dan 17 sebagai titik masuk, jaringan ini berfokus pada peace building bersama dengan penguatan kapasitas pemuda untuk partisipasi dalam pengambilan keputusan.

Dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah yaitu Kantor Staff Republik Indonesia, Kementerian Keuangan, BAPPENAS, Sekretariat SDGs dan juga dihadiri oleh perwakilan pemuda berupa acara Consultative Meeting yang dilaksanakan melalui webinar dengan mengusung tema Partisipasi Pemuda untuk Aksi Global. Bertujuan untuk memfasilitasi penyampaian hasil dari Forum Group Discussion (FGD) yang telah dilaksanakan dengan melibatkan perwakilan para pemuda, diksusi terbagi kedalam empat pilar fokus pembangunan SDGs di Indonesia, membahas mengenai masukan dari generasi muda yang juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemuda dalam pengambilan keputusan dalam implementasi SDGs. 
Pada 16 Agustus 2020 bekerjasama dengan Direktorat Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga, Kementerian (KPAPO) Bappenas RI dan UNFPA mengadakan webinar dengan tema Youth Engagement for Global Action. Melalui tema tersebut kegiatan ini berupaya menyoroti peran pemuda dalam pengembangan pembangunan. Keterlibatan pemuda tersebut dalam hal sosial kemasyarakatan di tingkat lokal, nasional, dan multilateral. Selain itu, keterlibatan pemuda dalam perumusan dan implementasi kebijakan baik di tingkat lokal, nasional, maupun multilateral.

Berbeda dengan perayaan sebelumnya, hari pemuda internasional tahun ini diselenggarakan dengan menggunakan berbagai sarana platform digital dikarenakan pandemi yang sedang dihadapi saat ini. Partisipan yang terlibat yaitu pemuda usia 15-30 tahun yang memiliki ketertarikan pada isu Sustainable Development Goals (SDGs). Perayaan International Youth Day 2020 ini diharapkan dapat memberikan gambaran nyata keterlibatan pemuda dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, serta perumusan dan implementasi kebijakan di tingkat lokal, nasional, maupun multilateral.


Sebelumnya Berikutnya