KABUH – Bisa karena terbiasa, mungkin ungkapan tersebut serasi jika disematkan kepada Novena Novelis. Juara II Poster Digital Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019 tingkat Kabupaten Jombang. Kegemarannya dalam dunia seni rupa sudah sejak duduk di bangku SD, kecenderungan menggambar konsep bangunan rumah, lengkap dengan perabotnya.

“Suka menggambar karena sering melihat ayah bekerja. Kebetulan ayah menjadi seorang arsitek, hampir setiap bekerja memperhatikan,” ungkap peserta didik SMP Negeri 1 Kabuh ini.

Semakin terasah ketika mengikuti ekstrakulikuler seni lukis di SMP Negeri 1 Kabuh. Pelbagai teknis dan wawasan melukis dia dapatkan. Untuk semakin berkembang, kerap kali melukis bermacam-macam bidang yang berbeda. Hal itu guna semakin mempertajam kepekaannya dalam memindahkan objek berwujud tiga dimensi ke dalam kanvas maupun media gambar lainnya.


Kegemaran membaca buku ternyata cukup membantu. Meski bertolak belakang dari aktivitas seni rupa, tetapi nyatanya dapat memberikan kontribusi dalam menyusun daya imajinasi.

Saking besarnya rasa ingin mencoba, dari hasil membaca dieksplorasikan imajinasinya kedalam bentuk lukisan. Walaupun memang mulanya sulit, namun seiring kebiasaan akhirnya bukan menjadi halangan mentransformasikan imajinasinya tersebut.

Novena Novelis mengatakan, “Kegemaran membaca buku ternyata cukup membantu. Meski bertolak belakang dari aktivitas seni rupa, tetapi nyatanya dapat memberikan kontribusi dalam menyusun daya imajinasi saya.”

Disinggung mengenai periapannya, Novena Novelis mengakui dalam Lomba Poster Digital FLS2N dirinya tidak memiliki kompetensi dasar mengubah gambar tangan ke digital. Beruntungnya pihak SMP Negeri 1 Kabuh mengetahui potensi yang dimiliki perempuan berparas ayu ini. Akhirnya dilatih dalam waktu singkat sudah mampu menguasai dengan baik.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Sastra Indonesia

Novena Novelis menceritakan, “Hanya dalam kurun waktu dua minggu saja saya latihan menggambar digital. Itu merupakan kali pertama mencoba. Namun setelah memahami dasar-dasar penggunaannya, selanjutnya cukup dibiasakan supaya bisa sama saat melukis.”

Setalah mendapat juara yang membanggakan, Novena Novelis berharap bisa terus mengembangkan kemampuannya ini. Selain itu juga terus mengejar mimpinya menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sukses.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Sebelumnya Berikutnya