GUDO – SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Gudo melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) K-13 online Implementasi pendidikan kesetaraan dan diseminasi secara Daring. Hal itu untuk meningkatkan kompetensi pamong belajar, tutor kesetaraan atau penggiat pendidikan kesetaraan lainnya yang terlibat dalam proses pembelajaran maksimal Kurikulum 2013 (K-13).

Pelaksanaan yang berlangsung Senin sampai Jumat (6 s.d 10/7) tersebut menghadirkan narasumber tingkat nasional dari Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta Pendidikan Masyarakat (Dikmas).

Kemudian dari Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Pamong Belajar Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Pamong Belajar SKB Kulon Progo DIY.

Setiap peserta yang sudah mengerjakan pre test setiap materi, dilanjutkan kegiatan pendampingan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Kemudian hasil pengerjaan peserta Bimtek termasuk kendala pengerjaan diklarifikasi oleh narasumber dan atau fasilitator.

Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gudo, Listyo Irawati, S.Pd. mengungkapkan, “Implementasi secara langsung pada K-13 penting dipahamkan secara teliti hingga mampu mentransferkan kepada peserta didik. Sehingga menyambut pelaksanaan tahun pelajaran 2020/2021 pembelajaran K-13 mampu terwujud secara utuh dalam pendidikan kesetaraan di tengah pandemi Covid-19 maupun new normal.”

Listyo Irawati menuturkan, peserta yang turut dalam kegiatan itu sebanyak 210 berasal dari gabungan SKB yang tersebar di Indonesia. Seluruh tahapan pengembangan peserta Bimtek dipantau secara langsung oleh setiap narasumber.

Baca Juga: Protokol Layanan Nikah

Di antaranya, setiap peserta yang sudah mengerjakan pre test setiap materi, dilanjutkan kegiatan pendampingan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Kemudian hasil pengerjaan peserta Bimtek termasuk kendala pengerjaan diklarifikasi oleh narasumber dan atau fasilitator.

“Terkahir, setiap peserta Bimtek lakukan presentasi dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan atau Youtube (rekaman video),” tutup Listyo Irawati.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.
Sebelumnya Berikutnya