JOMBANG – Kesehatan menjadi hal yang paling berharga dalam kehidupan manusia. Sekecil apapun gangguan kesehatan yang dialami, tentu akan mempengaruhi kenyamanan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tak terkecuali jika kita mengalami wasir atau yang lebih dikenal sebagai ambeien.

Ambeien adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi. Meski bukan termasuk penyakit yang akut namun rasa nyeri yang ditimbulkan sangat mengganggu. Ambeien terjadi akibat pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh vena di daerah anus. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Ada yang menyebut karena konstipasi atau kesulitan buang air besar, duduk terlalu lama, mengejan saat buang air besar, diare kronis, obesitas, atau kurang makanan berserat.

Untuk menghindari agar tidak terkena ambeien tentu kita harus menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan berserat tinggi, tidak terlalu lama duduk, dan menjaga berat badan tubuh. Namun jika ternyata ambeien masih tetap saja menyerang, salah satu pengobatan alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bawang putih.

Bawang putih dipercaya memiliki senyawa aktif bernama allicin atau alisin yang merupakan senyawa sulfur yang memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Berkat senyawa tersebut, bawang putih dapat digunakan untuk memperkuat pembuluh darah dan menghancurkan bakteri di sekitar anus akibat ambeien.

Meski bawang putih lebih dikenal sebagai bumbu dapur, namun ternyata keberadaannya memiliki manfaat selayaknya obat herbal. Bawang putih dipercaya memiliki senyawa aktif bernama allicin atau alisin yang merupakan senyawa sulfur yang memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Sehingga bawang putih bisa bertahan dari serangan hama.

Berkat senyawa ini, bawang putih dapat digunakan untuk memperkuat pembuluh darah dan menghancurkan bakteri di sekitar anus. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi rasa gatal dan peradangannya.



Untuk memanfaatkan bawang putih sebagai obat ambeien, bisa dilakukan dalam dua cara. Pertama, jika ambeien yang terjadi adalah ambeien internal atau di bagian dalam, maka cukup dengan mengupas satu siung bawang putih kemudian dimasukkan ke dalam anus dan dibiarkan semalam.

Baca Juga: TK Negeri Pembina Ploso Keterbukaan Kunci Kesuksesan

Kedua, jika ambeien yang dialami adalah ambeien eksternal maka yang perlu dilakukan adalah menyiapkan empat siung bawang putih, kemudian dikupas dan direbus dengan segelas air. Air rebusan bawang putih itu lantas digunakan untuk mengompres anus dengan menggunakan kapas. Jika kapas sudah mulai kering bisa kembali dibasahi dengan air rebusan tersebut.

Meski dipercaya bisa digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit akibat ambeien, namun penggunaan bawang putih ini tidak boleh dianggap untuk menggantikan perawatan secara medis.

Langkah ini bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama. Jika ambeien tidak kunjung sembuh atau sekadar mereda, segera kembali konsultasikan pada dokter untuk menghindari gejala yang semakin parah.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini 
Sebelumnya Berikutnya