PLOSO - Membangun kepercayaan masyarakat terhadap kualitas lembaga pendidikan tidak sebatas menggencarkan publikasi. Tetapi lebih penting lagi adalah bukti, mulai fasilitas yang tersedia hingga sistem dalam menjalankan pola pendidikan dengan baik serta profesional.

Hal itulah dilakukan oleh TK Negeri Pembina Ploso. Tentu saja, kondisi itu membuat lembaga yang berada di kawasan Utara Sungai Brantas ini tak kekurangan anak didik.

Kepala TK Negeri Pembina Ploso, Joni, S.Pd. mengakui dalam kurun waktu empat tahun terakhir cukup banyak menerima anak didik. Hal itu tidak didapatkannya dalam sekejap. Namun proses dan konsistensi yang terus berlanjut dalam menjalankan pola pendidikan profesional akhirnya berbuah manis.

Manajemen pengelolaan lembaga yang sangat masak membuat alur pengembangannya sangat luwes dan terarah. Apalagi keterjalinan bukan senyampang bekerja seperti biasa, namun antar pihak bisa menyampaikan dengan keterbukaan penuh kesantunan.

“Program pendidikan di sini selalu dimatangkan dan ditautkan dengan fasilitas pendukung agar maksimal dalam menjalankannya. Baik itu dalam segi akademik maupun non-akademik. Keduanya tak dibedakan dan selalu didukung sepenuhnya,” terang Joni.

Selain itu keterbukaan terhadap seluruh komponen yang terlibat dari guru, anak didik, dan orangtua wali juga menjadi kunci keberhasilan ini. Semisal, penyusunan program hingga kebutuhan biaya dalam merealisasikan selalu dibicarakan dulu secara terbuka dengan wali anak didik. Hasilnya tak ada penolakan sama sekali, justru wali anak didik memberikan dukungan sepenuh hati.

Baca Juga: SDN Tanjunggunung Peterongan Berjejaring dan Bersinergi Kunci Prestasi

Joni mengungkapkan, “Walaupun ada kesukaran yang dihadapi kedua belah pihak selalu terjalin komunikasi yang apik. Sehingga ditemukan jalan kaluar penuh kearifan dan kebijaksanaan.”

Tata Usaha TK Negeri Pembina Ploso, Aris Dyan Fitriya pun membenarkan bahwa manajemen pengelolaan lembaga yang sangat masak membuat alur pengembangannya sangat luwes dan terarah. Apalagi keterjalinan bukan senyampang bekerja seperti biasa, namun antar pihak bisa menyampaikan dengan keterbukaan penuh kesantunan.

“Akhirnya kerjasama yang baik terbina begitu saja. Oleh karena itu, saat bekerja maupun mengajar terlaksana penuh kenyamanan. Terkait pengembangan diri juga bisa dijalankan tanpa ada beban,” tutur Aris Dyan Fitriya.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa

VISI:
Beriman, Unggul, Kreatif Dan Karakter Anak Didik

MISI:
1. Menanamkan atau menumbuhkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Menanamkan budi pekerti kepada siswa melalui program pembelajaran kelompok.

3. Menciptakan pembelajaran yang inovatif.

4. Mewujudkan anak didik penuh kreatifitas.

5. Meningkatkan kemandirian pada anak didik.

6. Menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang sehat, indah dan nyaman.

PRESTASI:
1. Juara 6 Kategori Drum Band tingkat Kabupaten Jombang

2. Juara I Karnaval tingkat Kecamatan Ploso 2019

Sebelumnya Berikutnya