JOMBANG – Semangat gerakan kepanduan sangat lekat di setiap anggota Pramuka. Hal itu terlihat sewaktu Lomba Gugus Depan Unggul untuk Kwartir Gerakan Pramuka di tingkat ranting semua jenjang pendidikan di Kabupaten Jombang.

Walaupun kondisi saat ini masih dilanda Covid-19, tak lantas mematikan motivasi dalam berkompetisi meraih juara. Tetap menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan. Mulai mencuci tangan, menggunakan masker, berjaga jarak, dan serangkaian kegiatan lain agar tak semakin memberi peluang penyebaran virus tersebut.

Ketua Panitia Lomba Gugus Depan Unggul dari Kwartir Gerakan Pramuka Kabupaten Jombang, Wahib, S.Pd., M.MPd. mengatakan, “Memang dalam pelaksanannya berbeda dari pada tahun-tahun sebelumnya. Selain karena kondisi yang tidak memungkinkan, tentunya masih tetap berharap menemukan juara baru dengan mekanisme yang lebih disesuaikan.”

Seleksinya meliputi segi administrasi mulai dari kepengurusan, sarana prasarana, program depan, dan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan. Selanjutnya bentuk struktur dari pelatih, pembina dan kemitraaan baik dengan instansi lain maupun orangtua wali. Diikuti SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. Kemudian akan dipilih Juara I, II, dan II. Berikutnya ketiga juara ada seleksi lagi untuk mewakili Jombang di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y./Istimewa
Sebelumnya Berikutnya