JOMBANG – Pembentukan karakter peserta didik saat ini menjadi salah satu fokus lembaga pendidikan. Dalam setiap kegiatan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler selalu disisipkan nilai-nilai dan kegiatan positif yang diharapkan bermanifestasi membentuk karakter baik pada peserta didik.

Hal tersebut yang tengah digalakkan di SDN Sumberjo Jombang. Untuk membentuk karakter positif pada peserta didik, guru-guru di SD yang sudah berdiri sejak tahun 1961 itu tidak hanya ditempa melalui kegiatan yang ada di sekolah. Melainkan juga ke luar sekolah yang berhubungan dan melibatkan lingkungan dan masyarakat di sekitar.

“Sebelum Korona menyerang, kami sudah menyusun program yang rutin dilaksanakan setiap Jumat Legi. Di antaranya adalah kerja bakti membersihkan masjid dan musala yang ada di sekitar sekolah, membersihkan tempat wudu, dan merapikan taman-taman yang rusak,” urai Guru Mulok Keagamaan SDN Sumberjo Jombang, Khusnul Fatimah, S.Pd.I.

Keputusan untuk mengajak peserta didik melakukan kegiatan di luar sekolah dengan langsung berinteraksi dengan masyarakat adalah agar mengenal dan dekat dengan lingkungannya. Sekaligus untuk mengasah kepekaan serta kepedulian terhadap lingkungan.

Kepala SDN Sumberjo Jombang, Jumarianto, S.Pd juga menambahkan bahwa pembentukan karakter pada peserta didik sangat penting untuk dilakukan. Namun agar bisa menjadi sebuah karakter, kegiatan itu perlu untuk dibiasakan. “Di sinilah peran sekolah, yakni untuk melatih dan membiasakan peserta didik,” ungkap Jumarianto.

Aneka kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, Drumben, Pemilihan Dai Cilik (Pildacil), dan qiraah menjadi unggulan SDN Sumberjo Jombang. Direncanakan saat pandemi Korona sudah berangsur mereda, sekolah di ujung Barat Kecamatan Jombang ini akan menambah ekstrakurikuler gulat dan senam lantai.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini/Istimewa

Sebelumnya Berikutnya