KESAMBEN – SMP Negeri 1 Kesamben berhasil meraih prestasi sebagai Juara III dalam Gala Siswa Indonesia SMP tingkat Kabuapaten 2019. Prestasi tersebut mereka ukir sebelum Covid-19 melanda.

Raihan itu jelas membanggakan bagi seluruh pemain dan civitas sekolah. Seperti yang dituturkan kepala SMP Negeri 1 Kesamben, Suprayitno, S.Pd. Menurutnya, prestasi tersebut menjadi pendorong untuk menuai prestasi lainnya.

Selain bersaing dengan SMP lain di Kota Santri, keberhasilan tersebut tak bisa dilepaskan dari dukungan penuh yang diberikan oleh sekolah. Baik dengan menunjuk pelatih serta pendamping terbaik, tentunya dari pemenuhan kebutuhan yang diperlukan.

Adanya kedisiplinan membuat semua menjadi mudah. Baik berlatih maupun menjalankan instruksi pelatih. Sedangkan percaya diri menjadi bekal dalam menghadapi lawan di luar lingkungannya.

Suprayitno mengatakan, “Kalau tak diberikan dukungan dalam bentuk apa pun, upaya para peserta didik akan sia-sia. Oleh karena itu, saya tak ragu untuk mendorong terus hingga mereka meraih prestasi tertinggi.”

Meski begitu Supriyanto masih memikirkan pembelajaran peserta didik yang tergabung dalam klub sepak bola SMP Negeri 1 Kesamben tersebut. Jangan sampai terjadi ketimpangan antara pembelajaran dan langkah awal meraih prestasi bersama-sama. Selain kelonggaran pembelajaran yang diberikan, juga dikuatkan dengan mengganti waktu pembelajaran saat tertinggal untuk berlatih.

Baca Juga: Adelia Puspa Anindita Raih Juara dari Bercerita

“Alhasil peserta didik saat berlatih dan bertanding lebih fokus menggapai mimpinya tersebut. Apalagi sepakbola seolah menjadi kegandrungan kaum sejagat,” ungkap Suprayitno.

Sementara itu Pelatih Sepakbola SMP Negeri 1 Kesamben Putiyo mengatakan, metode yang ia terapkan tak ubahnya dengan pelatih sepakbola pada umumnya. Pembedanya hanyalah membangun karakter para pemain agar disiplin dan percaya diri.

Putiyo menjabarkan, “Adanya kedisiplinan membuat semua menjadi mudah. Baik berlatih maupun menjalankan instruksi pelatih. Sedangkan percaya diri menjadi bekal dalam menghadapi lawan di luar lingkungannya.”

Guru Olahraga SMP Negeri 1 Kesamben yang bertindak sebagai pendamping, Fafan Hidayat Amin, S.Pd menambahkah, apabila sudah terbentuk kedisiplinan serta kepercayaan diri, maka para pemain memiliki mental juara. Biarpun melawan tim sehebat apapun tak ada keraguan dan kegentaran. Sebaliknya menjadi sebuah energi tersendiri untuk mengakhir pertandingan dengan kemenangan.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Sebelumnya Berikutnya