GUDO – Berada di bawah naungan yayasan yang memiliki nilai disiplin tinggi turut berimplikasi pada beragam kegiatan yang dilakukan pada lembaga. Segala aspek dari kegiatan pembelajaran peserta didik hingga administrasi pelaporan harus sesuai dengan arahan yang telah ditentukan.

Namun hal itu yang kemudian membuat TK Kemala Bhayangkari 90 Gudo menjadi TK yang unggul dalam mutu dan prestasi. Di bawah naungan Yayasan Kemala Bhayangkari yang selalu melakukan pemantauan sekaligus pembinaan kepada lembaga, membuat guru dan kepala sekolah selalu bersemangat dalam menciptakan inovasi guna selalu menjaga dan meningkatkan kualitas lembaga.

“Untuk pelaporan kegiatan pembelajaran, selain kami kirimkan pada pengawas juga pada yayasan. Justru pelaporan kepada yayasan terkadang memiliki tenggat waktu yang lebih ketat dibandingkan pada pengawas. Namun hal itu menjadikan kami terbiasa untuk mendokumentasikan seluruh kegiatan yang kami lakukan,” jelas Kepala TK Kemala Bhayangkari 90 Gudo, Sutrisni, S.Psi.

Untuk pengembangan anak didik juga ada kegiatan-kegiatan berjenjang. Mulai dari tingkat cabang yang ada di kabupaten hingga provinsi. Di setiap HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dan HUT yayasan selalu ada lomba-lomba untuk anak didik serta guru.

Kedisiplinan itu juga diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran anak didik sehari-hari. Dibiasakan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran sesuai jadwal yang telah ditentukan. Misalkan waktu masuk sekolah yang ditetapkan mulai jam 07.00, maka sebisa mungkin anak didik harus datang sebelumnya. Saat akan masuk ke dalam kelas anak didik dibiasakan untuk tertib dengan berbaris terlebih dulu. Setiap hari Senin, anak didik diajak dan dibiasakan untuk melakukan kegiatan upacara.

“Wali anak didik juga tidak diizinkan untuk menunggu atau menemani baik itu saat pembelajaran di sekolah ataupun saat kegiatan di luar sekolah. Seperti lomba antar sekolah atau di luar kota. Anak didik diajarkan untuk disiplin juga untuk mandiri. Tidak bergantung pada orang tua,” jelas Sutrisni.

Di sisi lain, anak didik di TK Kemala Bhayangkari 90 Gudo juga dikenalkan serta diajarkan mengenai berbagai macam jenis kesenian khususnya melalui tari-tarian. Setiap Jumat, mereka mengikuti ekstrakurikuler tari. Beragam jenis tari seperti Tari Remo, Tari Lilin, dan jenis tari tradisional lainnya dikenalkan pada anak didik.

Baca Juga: SMP Negeri 1 Kesamben Juara III Gala Siswa Melahirkan Tim Bermental Juara

Sutrisni yang juga merangkap sebagai guru estrakurikuler tari mengatakan, “Tari Remo jelas yang utama diajarkan. Seluruh anak didik diberi kesempatan untuk belajar. Namun kami juga melakukan pemilihan kepada anak didik yang lebih menonjol untuk dilatih lebih detail dan dipersiapkan misalnya untuk mengikuti lomba atau tampil menyambut tamu yang berkunjung ke lembaga.”

Seksi Sosial Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Jombang, Sulistyo Jarot menambahkan pihak yayasan selalu mengontrol yang dilakukan lembaga. Untuk timbal baliknya, yayasan juga berusaha memberikan yang dibutuhkan oleh lembaga. Pemenuhan sarana prasarana bahkan hingga pelatihan untuk peningkatan kualitas pendidik.

“Untuk pengembangan anak didik juga ada kegiatan-kegiatan berjenjang. Mulai dari tingkat cabang yang ada di kabupaten hingga provinsi. Di setiap HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dan HUT yayasan selalu ada lomba-lomba untuk anak didik serta guru,” tutur Sulistyo Jarot.

Dalam satu tahun pelajaran terakhir, TK Kemala Bhayangkari telah mendapatkan beberapa prestasi. Di antaranya Guk dan Yuk Berbakat, Juara I dan Harapan I Guk dalam ajang seleksi Guk Yuk Cilik tingkat Kabupaten Jombang 2019. Terbaru, salah satu guru berhasil meraih peringkat ke-26 dalam pelatihan guru Yayasan Kemala Bhayangkari se-Indonesia.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini/Istimewa

Sebelumnya Berikutnya