JOMBANG – Masih di masa pandemi Covid-19, peringatan Kemerdekaan Bangsa Indonesia dilakukan secara virtual pada Senin (17/8) dari Istana Merdeka di Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang. Diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkompimda), dan DPRD Kabupaten Jombang dengan tetap menjalankan protokol kesehatan guna memutus mata rantai Covid-19.

Seluruh peserta mengikuti jalannya upacara dengan penuh kehikmatan, meskipun dilangsungkan secara virtual. Terlebih saat detik-detik proklamasi, dengung sirene yang tak jauh dari Pendopo Pemkab Jombang turut berdengung kencang. Semakin menambah kesakralan suasana memperingati 75 tahun kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Di kesempatan itu Bupati Jombang juga memberikan tali asih kepada para veteran di Kota Jombang. Menurut Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab santunan ini memang tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan perjuangan para veteran dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Baca Juga: KB Mardi Utomo Wonosalam Melatih Kemandirian Sedari Dini


“Para pejuang yang telah purna tugas patutnya masih diberikan apresiasi setinggi-tingginya karena memberikan kita sebuah lembaran kehidupan yang lebih baik tanpa ada penindasan,” ungkap bupati perempuan pertama di Jombang tersebut.

Sebanyak 259 veteran mendapatkan tali asih pada peringatan kemerdekaan Bangsa Indonesia kali ini. Masing-masing mendapatkan tali asih sebesar Rp 600 ribu. Diserahkan secara simbolis kepada perwakilan 10 veteran yang diundang untuk hadir juga mengikuti upacara peringatan kemerdekaan Indonesia.

Reporter/Foto: Rahmat Sularso Nh./Istimewa

Sebelumnya Berikutnya