NASIONAL - Setiap harinya, pria dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi 38 gram serat, sedangkan wanita dianjurkan untuk menyantap 25 gram serat. Untuk memenuhi kebutuhan serat harian kita, cobalah konsumsi berbagai buah tinggi serat ini.

Selama ini, serat dikenal sebagai zat yang mampu mencegah masalah pencernaan. Namun sebenarnya, kemampuan serat jauh lebih besar dari itu. Tidak banyak yang tahu kalau serat juga bisa menurunkan berat badan, mencegah diabetes, menurunkan risiko penyakit jantung hingga kanker.

Saat tubuh kekurangan serat, gejala-gejala merugikan akan muncul, seperti sembelit, kenaikan berat badan, gula darah melonjak tinggi, sampai mual-mual. Tentunya, Anda tidak mau mengalami gejala ini. Untungnya, memenuhi kebutuhan harian serat tidaklah sulit, kita hanya perlu mengonsumsi buah tinggi serat ini secara rutin. Seperti buah-buah di bawah ini.

Mengonsumsi buah tinggi serat akan membawa banyak manfaat untuk kesehatan.

Pisang
Selain rasanya lezat, ternyata pisang juga tinggi akan serat. Setiap 100 gram pisang mengandung 2,6 gram serat yang dapat menyehatkan tubuh. Tidak hanya serat, pisang juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti vitamin C, vitamin B6, hingga kalium.

Raspberi
Meskipun raspberi kurang familiar di lidah orang Indonesia, ternyata buah ini mengandung serat yang tinggi. Dalam 100 gram buah raspberi, terkandung 6,5 gram serat di dalamnya. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung vitamin C dan mangan.

Apel
Apel adalah buah yang sangat lezat dan mudah ditemukan, baik di pasar maupun swalayan. Buah ini mengandung 2,4 gram serat di setiap 100 gramnya. Ditambah lagi, apel juga mengandung berbagai antioksidan, seperti quercetin, katekin, phloridzin, dan asam klorogenat yang baik untuk kesehatan.

Alpukat
Tidak kalah dari raspberi, ternyata alpukat juga termasuk dalam daftar buah serat tinggi. Kandungan seratnya tidak main-main, yakni 6,7 gram di setiap 100 gramnya. Selain tinggi serat, buah ini juga mengandung lemak baik untuk tubuh kita. Bukan hanya itu, alpukat diperkaya dengan vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E, dan berbagai macam vitamin B.

Stroberi
Meskipun ukurannya kecil, ternyata stroberi adalah buah yang kandungan nutrisinya tinggi. Buah ini mengandung vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan yang dapat menjaga tubuh dari penyakit. Selain itu, stroberi juga mengandung 2 gram serat di setiap 100 gramnya.

Baca Juga: SMP Negeri Jarak I Satu Atap Wonosalam Mengembangkan Sirop Herba


Pir
Selain lezat dan mudah dikonsumsi, buah pir juga mengandung serat yang cukup tinggi. Setiap 100 gramnya, buah pir dilengkapi dengan 3,1 gram serat. Selain kaya serat, pir juga mengandung banyak nutrisi lainnya, sebut saja protein, vitamin C, vitamin K, hingga kalium.

Blueberry
Blueberry adalah salah satu buah-buahan yang mengandung nutrisi tinggi. Dalam satu cangkir (148 gram) buah blueberry, terkandung 4 gram serat di dalamnya. Selain itu, blueberry juga diperkaya vitamin C, vitamin K, dan juga mangan.

Blackberry
Blackberry juga termasuk dalam daftar buah tinggi serat. Di dalam 100 gram buah blackberry, terdapat 5,3 gram serat. Meskipun bentuk buahnya kecil, jangan sekali-kali meremehkan kandungan seratnya!

Nanas
Nanas adalah buah yang rendah kalori, tapi bernutrisi tinggi. Dalam 165 gram buah nanas, terkandung 2,3 gram serat di dalamnya. Tidak hanya itu, nanas pun mengandung nutrisi lain, seperti vitamin C, mangan, vitamin B6, folat, kalium, magnesium, zat besi, hingga asam pantotenat.

Manfaat Mengonsumsi Buah Tinggi Serat

Mengonsumsi buah tinggi serat akan membawa banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

Mencegah Konstipasi
Serat yang dikandung buah maupun sayuran dapat menghaluskan tekstur feses sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Hasilnya, sembelit pun dapat dicegah.

Menyehatkan Usus
Mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat mencegah berbagai penyakit usus, seperti penyakit kanker kolorektal.

Menurunkan Kolesterol
Serat dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi serat dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan peradangan di dalam tubuh.

Mengontrol Gula Darah
Serat berjenis larut dapat memperlambat proses penyerapan gula sehingga gula darah dapat terkontrol. Mengonsumsi makanan berserat tinggi dipercaya untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Membantu Turunkan Berat Badan
Makanan berserat tinggi akan membantu kita merasa kenyang lebih lama sehingga kita tidak akan makan berlebihan. Dengan begitu, berat badan bisa terjaga.

Memperpanjang Usia
Mengonsumsi makanan tinggi serat dipercaya dapat mencegah kematian akibat penyakit jantung maupun kanker. Serat adalah zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan harian serat Anda dengan mengonsumsi buah atau makanan berserat tinggi lainnya.

Sumber/Rewrite: kompas.com/Tiyas Aprilia

Sebelumnya Berikutnya