JOMBANG – Bertahannya usaha dalam kurun waktu yang lama tentu bukanlah karena jenis usaha yang digeluti. Namun karena menerapkan serangkaian cara dalam pengelolaannya supaya tetap dapat bersaing dengan para pendatang. Kondisi itu yang ditunjukkan pemilik Toko Piala Mas Jombang, Lely Puspa Herawati Koentjoro.

Lely menjajakan pelbagai aksesoris dan piranti kerajinan tangan selama 32 tahun. Wanita ini selalu menjaga kepercayaan. Tidak saja kepada rekan bisnisnya semata, tetapi juga seluruh karyawan yang bekerja di toko miliknya.

“Memang merintisnya tidaklah mudah. Apalagi ketika baru membangun usaha, sehingga dibutuhkan citra yang baik. Dengan demikian khalayak dan rekan bisnis pun memandang positif terhadap usaha yang sedang kita geluti. Jangan sampai menodai kepercayaan itu, karena pasti akan membekas,” ungkapnya saat ditemui di tokonya yang berada di Jalan WR. Supratman Jombang.

Memang merintisnya tidaklah mudah. Apalagi ketika baru membangun usaha, sehingga dibutuhkan citra yang baik.

Selain itu, penting pula untuk ulet, telaten, dan disiplin. Jika ketiganya dipadu, maka akan menjadi ramuan yang baik dalam membangun usaha. Bayangkan saja kalau tak memiliki prinsip seperti itu dan asal jalan, usaha rasanya hanya sebagai pertaruhan tanpa ada upaya memperbaiki dan progres kedepan yang jelas.

Selanjutnya tidak kalah seriusnya yaitu mempertimbangkan jenis usaha yang akan dijalankan. Pilihan perempuan cantik berambut sebahu ini pada usaha asesoris dan piranti kerajinan tangan, karena memang memiliki pasar.

Baca Juga: Seminar PTK dan PTS Kecamatan Sumobito Motivasi Meneliti


Walaupun terkesan kecil namun sebenarnya banyak di tengah masyarakat yang bergelut dalam usaha kerajinan. Jadi, potensinya sangat besar kalau mau menggeluti dengan serius serta lengkap. Secara otomatis akan menjadi sentra atau jujukan mencari kebutuhan kerajinan tangan.

Lely Puspa Herawati Koentjoro menuturkan, “Pada dasarnya setiap orang memiliki kesempatan yang sama ketika membuka usaha. Tinggal ada kemauannya apa tidak untuk belajar dan terus meningkatkan usaha. Jika sekedarnya saja maka jangan berharap terlalu besar.”

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Sebelumnya Berikutnya