JOGOROTO – Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Istilah tersebut tampaknya tepat jika disematkan bagi SMP Negeri 2 Jogoroto. Hal itu setelah sekolah itu mampu meraih Juara I Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2020 kategori musik tradisi tingkat Kabupaten Jombang 2020. Latihan rutin dan kerja keras yang dilakukan segenap peserta didik, pembina, dan dukungan sekolah akhirnya berbuah manis.

Pembina dan pendamping ekstra karawaitan SMP Negeri 2 Jogoroto, Erik Purnomo Syukur, S.Pd. menjelaskan, “Selama tiga bulan peserta didik melakukan persiapan mulai dari fisik serta konsep penampilan. Tak ada target tertentu dalam peraihan hasil akhir, namun ada hal terpenting yang difokuskan melalui seni, yakni memberikan sentuhan budaya serta Bahasa Jawa di dalamnya. Wadah pembelajaran yang ditranformasikan ini mampu memberikan penyerta lainnya yang positif bagi peserta didik, diantaranya tercipta sebagai wadah tuntunan dan tatanan.”

Ada motivasi yang menjadi kebanggaan selain meraih Juara I, yakni peserta didik bisa berkembang dengan seni, tentu apa saja yang diinginkan kelak. Peserta didik mampu mengembangkan diri tak hanya dengan kelebihan yang dimiliki, melainkan bisa dengan kekurangan yang diasah menjadi prestasi.

Erik Purnomo Syukur menambahkan bahwa terdapat perubahan yang terlihat signifikan lebih baik, seperti tercipta dengan baik kerukunan antar peserta didik. Juga mampu menghapus paradigma negatif yang menjadi titik kekurangan peserta didik. Semisal yang dulu kurang peka terhadap kesopanan, kesantunan, kini semakin membaik. Kemudian peserta didik yang sering bolos, kini justru enggan meninggalkan sekolah walau sehari saja.

Baca Juga: Seleksi PTK 2020 Upaya Menjemput Prestasi Saat Pandemi


“Penerapan ini mampu membentuk solidaritas antar peserta didik utamanya dalam pengembangkan bakat minat melalui bidang non akademik yakni seni. Prestasi FLS2N 2018 yang pernah diraih dengan memperoleh Juara II, menjadi salah satu motivasi untuk lebih dipertimbangkan dalam kompetisi. Kali ini begitu terkonsep, karena ada evaluasi dari sebelumnya. Beragam kesempatan berhak diperoleh peserta didik dari hal yang ditekuni dengan penuh kesungguhan. Sampai detik ini, usaha tak akan menghianati hasil,” terang Erik Purnomo Syukur.



Kepala SMP Negeri 2 Jogoroto, Drs. Parsum Sukowibowo, M.Pd. bercerita ada satu komitmen serta konsistensi peserta didik yang peduli pada kedisiplinan. Peserta didik mampu mewujudkan dengan baik. Karena melatih tentu membiasakan.

“Ada motivasi yang menjadi kebanggaan selain meraih Juara I, yakni peserta didik bisa berkembang dengan seni, tentu apa saja yang diinginkan kelak. Peserta didik mampu mengembangkan diri tak hanya dengan kelebihan yang dimiliki, melainkan bisa dengan kekurangan yang diasah menjadi prestasi,” tutur Parsum Sukowibowo.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Nama Peserta Didik

Alat Musik yang Dipergunakan

Muhammad Nurkholis (8D)

Kendang dan Bonang

Muhammad Arvin (8A)

Saron, Kenthongan, Gambang

Muhammad Riki  ( 8A)

Saron , Kenthongan, Kethuk

Muhammad Aditya ( 7D)

Demung

Sausa salsabila ( 8A)

Gong

Lebih baru Lebih lama