BANDAR KEDUNG MULYO – Tahun pelajaran 2020/2021 yang berbarengan dengan merebaknya wabah Covid-19, tak membuat keberhasilan pembelajaran di SDN Barongsawahan II Bandar Kedungmulyo menurun. Utamanya di kelas 1. Mereka berhasil menguatkan kemampuan membaca peserta didik yang notabene baru saja naik jenjang pendidikan.

Kepala SDN Barongsawahan II Bandar Kedungmulyo, Isnanat, S.Pd. menuturkan keberhasilan ini tak lepas dari sinergi dan optimisme dalam melangsungkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Diakui bahwa peran serta orangtua sangatlah mendukung atas keberhasilan ini. Oleh karenanya membina hubungan dan pemahaman tentang pendidikan yang baik akan menjadi jembatan keberhasilan.

“Sebagian sudah lancar membaca, kalaupun ada yang belum, akan diberikan bimbingan secara intens oleh gurunya,” ungkap Isnanat.

Hal ini dibenarkan oleh Guru Kelas 1, SDN Barongsawahan II Bandar Kedungmulyo, bila penguatan di awal menjadi penting. Sehingga di pendalaman selanjutnya bisa dibantu oleh orangtua di rumah. Andaikan ada yang kesulitan dalam membaca, akan dibantu oleh gurunya langsung. Sehingga tak sampai mengalami kendala saat pembelajaran lainnya.

“Bahkan dengan sendirinya pun peserta didik mampu menghafal dengan baik. Sehingga mungkin juga diterapkan pada pembelajaran lainnya,” sambung Guru Pendidikan Agama Islam SDN Barongsawahan II Bandar Kedungmulyo, Muhammad Nasrulloh, S.Pd.”

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Lebih baru Lebih lama