TEMBELANG – Siang yang terik tak akan terasa ketika berkunjung ke Warung Wader Ponen. Selain berada di bantaran Sungai Brantas, hembusan angin yang semilir seakan menghapus rasa gerah hingga penat. Sebaliknya ditambah sesekali mencium Iwak (Jawa: Ikan) Kali sebagai menu sajian utama, semakin terasa betul bebunyian perut keroncongan.

Sengaja siang itu saya mencari penawar lapar yang bertepatan dengan momentum makan siang di warung yang berada di Desa Pulogedang, Kecamatan Tembelang tersebut. Saking nikmatnya, tak jarang pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang singgah ke sana bila berbarengan ada agenda di wilayah Utara Sungai Brantas.

Lengkap dengan bumbu yang dipadu sebelum digoreng. Kenyamanan berlipat terulang ketika sekali, dua kali, dan seterusnya mengecap.

Selain menyediakan iwak kali, juga bisa memesan pilihan lain seperti ikan nila, wader, gurami, hingga belut. Pasti dijamin lega ketika membaca menunya yang tertempel di dinding warung. Selain banyak variasinya, juga dijamin membuat puas ketika menyantap.

Betapa tidak, ketika pesanan saya datang dalam satu wadah cobek. Selain sambal terasi dengan aroma khasnya yang tersedia, ada pula sejumlah lalapan dan ikan yang sudah saya pesan.

Baca Juga: SDN Rejosopinggir Tembelang Berdayakan Potensi Lokal

Saya memilih memesan wader bercampur kething. Ikan yang memang biasanya ada di sungai dan terbilang hampir punah kething terbilang sangat enak. Gurih yang tercipta bukan sekedar lantaran digoreng kering, seakan telah menyatu dengan air Sungai Brantas. Sensasi yang ditimbulkan tak sekedar kriuk renyah. Tetapi indra pengecap seperti diajak berkelana atas kenikmatan masakan tradisional ini.



Lengkap dengan bumbu yang dipadu sebelum digoreng. Kenyamanan berlipat terulang ketika sekali, dua kali, dan seterusnya mengecap. Apalagi kalau ditambah dengan sambalnya, tendangannya sangat super. Mirip kisah animasi Kapten Tsubasa, menggelegar tiada tara. Hal itu karena kombinasi cantik selain terasi sebagai bahan utamanya, dilengkapi dengan irisan tipis mangga muda dan jeruk nipis.

Tak usah ragu kalau mau datang. Hitung-hitung wisata kuliner iwak kali Brantas yang tak tertandingi di Jombang. Selain itu tingkat pedasnya pun bisa disesuaikan kemampuan kok. Sedangkan soal harga sangat terjangkau, seporsi ikan wader dan kething hanya Rp 10 ribu saja.

Bagaimana tertarik menjajal? Buruan berangkat sebelum kehabisan.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini

Lebih baru Lebih lama