Ketua Komisi D, DPRD Kabupaten Jombang, Hj. Erna Kuswati, SE.
Masih menjadi perhatian utama memang terkait kerusakan sekolah yang harus segera diperbaiki, Pendidikan Diniyah, dan seragam sekolah serta baju olah raga gratis. Jika program-program kerja tersebut dapat dirampungkan secara efesien bukan tidak mungkin kalau dialihkan dalam prioritas program lain. (Edisi 89 Januari 2020/Anggaran Meningkat, Prestasi Jangan Tersendat)

Pengamat Pendidikan Jombang, Drs. Sunandar, M.Si.
Melihat dari calon pendaftar di 306 desa yang ada di Kabupaten Jombang masih belum meratanya jumlah peserta didik di lembaga tertentu. Artinya kalkulasi yang tepat terhadap kebutuhan calon peserta didik SMP diperhatikan. (Edisi 90 Februari 2020/PPDB Zonasi Belum Memenuhi Janji)

Widyaiswara Madya, LPMP Jawa Timur, Dr. Dwi Ilham Rahardjo
Harapannya akan ada penyelesaian yang taktis untuk bentuk tindakan menyelesaikan masalah dengan kreatif. Didukung pula dari wawasan kepemimpinan dan ide saat bersikap. (Edisi 91 Maret 2020/ Meramu Kualitas Kepala Sekolah)

Baca Juga: Listyo Irawati Membina dengan Terbuka dan Menyenangkan

Pemerhati Pendidikan dan Aktivis Jombang, Dosen Religions Universitas Ciputra Surabaya, Aan Anshori
Pendidikan Orang Dewasa (POD) yaitu tentang pengetahuan dan teknik untuk membantu orang dewasa belajar. Artinya pembelajaran yang dimaksudkan tidak semata meningkatkan kualifikasinya, melainkan memahami objek garapan dalam proses pembelajaran yakni peserta didik. Oleh karenanya pendidik tidak saja mampu mentransfer pengetahuan, tapi lebih jauh membina peserta didik dengan baik tanpa menimbulkan cedera baik fisik maupun psikis. (Edisi 92 April 2020/Inisiatif Menangkal Kekerasan di Sekolah)

Sekretaris Umum PGRI Provinsi Jawa Timur, Drs. H. Sudarmaji, M.Si.
Masih banyak cara lain yang efektif dilakukan sekolah dalam melaksanakan PPDB yang aman. Semua tergantung pada sarana dan SDM yang dimiliki sekolah bersangkutan. Pelaksanaan PPDB yang dilakukan sekolah harus memperhatikan ketentuan dalam Pasal Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019. (Edisi 93 Mei 2020/PPDB 2020 Berebut Kursi di Tengah Pandemi)

Pemerhati Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Indonesia, Komisioner Komnas Perempuan, Bahrul Fuad, M.A.
Metode pembelajaran di SLB itu pendekatan personal, artinya guru tidak menggunakan pendekatan generalistik. Karena Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) punya karakter dan kondisi (hambatan) berbeda. (Edisi 94 Juni 2020/Pembelajaran di Rumah SLB Tiada Arah)

Sumber: Dokumentasi Majalah Suara Pendidikan
Lebih baru Lebih lama