Guru Besar Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.Pd.
Penerapan K-13 secara menyeluruh dan utuh sebenarnya sudah bisa menciptakan proses yang Merdeka Belajar. Namun capaian target pembelajaran yang masih dinilai dalam angka, membuat guru atau peserta didik lebih mengejar mendapatkan nilai akhir yang baik dibanding menghargai prosesnya. (Edisi 95 Juli 2020/Merdeka Belajar)

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya, Universitas Pakuan, Jawa Barat, Agnes Setyowati
Dibutuhkan strategi yang tepat dan efesien dan menumbuhkankembangkan kembali nasionalisme di kalangan masyarakat Indonesia yang sangat mejemuk dan hidup di periode ini. Khususnya di kelompok muda yang notabene bakal menjadi penerus generasi sekarang. (Edisi 96 Agustus 2020 Nasionalisme Terselimuti Bayang Modernisme)

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Jumadi, S.Pd., M.Si.
Setiap lembaga tak terbatas untuk mengusulkan penerima PIP. Namun sebelumnya akan dilalui terlebih dulu proses penyaringan data peserta didik yang menyebutkan layak serta mendapatkan rekomendasi menerima PIP. (Edisi September 2020 PIP Peneduh Terik Biaya Pendidikan)

Baca Juga: TK ABA Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno Koperasi Sekolah Jadi Program Inovasi

Ketua Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia (HIPKIN) Jawa Timur, Dr. Hj. Rofiatul Hosna, M.Pd.
Sinergitas runtut ialah penyesuaian guru pada materi bahan ajar yang dimiliki. Penyusunan RPP yang sudah dilakukan guru tak perlu melalui proses sejak awal. Guru hanya lakukan penyesuaian yang kemudian diperkuat dengan hasil diagnostic assessment. (Edisi  98 Oktober 2020 Pandemi Kurikulum Berganti)

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Jombang, Yoni Tri Joko Kurnianto, S.Pd, M.Si.
Bahwa AKM merupakan penilaian yang mencitrakan sekolah dengan penekanan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Peran sekolah begitu besar untuk mensukseskan AKM. Sehingga pengimbasan yang gencar dilakukan sekolah melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika dan Bahasa Indonesia yang kemudian di kembangkan di setiap sekolah. (Edisi 99 November 2020 Akm Jembatan Pemetaan Pendidikan)

Sumber: Dokumentasi Majalah Suara Pendidikan
Lebih baru Lebih lama