Sudah banyak yang terekam oleh Majalah Suara Pendidikan baik tentang keterangan resminya, pendapat, serta pandangan-pandangan narasumber soal pendidikan. Lantaran memang antara tema utama yang menjadi pembahasan bulanan sesuai dengan bidang yang diampunya selama ini, maupun memang secara tidak langsung sebagai seorang praktisi pendidikan sehingga memahami terkait hal itu.

Namun pastinya mereka narasumber juga memiliki pandangan serta harapan tersendiri untuk Majalah Suara Pendidikan yang telah memasuki usia ke 8 tahun ini. Walaupun menurut hitungan usia manusia masih terbilang anak-anak, tetapi berbeda kalau dalam dunia media.

Banyak lika-liku perjalanan yang tiada henti terasakan. Baik suka maupun duka, hingga berganti seperangkat personil tak lain untuk mematangkan komponen kerja yang teraih. Sebuah media menutut adanya dinamisasi kerja yang menyeluruh. Tak hanya satu bagian saja, melainkan keseluruhannya agar semakin menemukan daya kemenarikan dan memadukannya.

Berikut sejumlah tanggapan dari narasumebr terkait Majalah Suara Pendidikan sekaligus harapannya kedepannya,


Komisioner Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), Bahrul Fuad, M.A
Kehadiran Majalah Suara Pendidikan Jombang memberi sentuhan yang konsen pada dunia pendidikan. Kepedulian yang mengaktualisasi informasi kepada masyarakat. Informasinya berimbang dan realitas. Semoga kehadiran media Majalah Suara Pendidikan Jombang, mampu memberikan jalan terang menuju arah visi pendidikan pemerintah dalam mencerdaskan bangsa. Sehingga meminimalisir merangkaknya angka kekerasan terhadap perempuan di bangku pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Agus Purnomo, S.H., M.Si
Harapannya yang selama ini sudah berjalan tentunya bisa menjembatani, memberikan informasi terkait bagaimana pendidikan di Kabupaten Jombang. Tentang isi sudah baik, tentunya harus berkreativitas dan berinovasi sehingga tidak ditinggalkan pembaca.

Ketua Dewan Kesenian Jombang (Dekajo), Nanda Sukmana
Jurnalisme tak boleh dibungkam, jika ia tak menyajikan kebohongan atas nama apapun dan siapapun, karena ia adalah martil bagi apapun dan siapapun yang berkhianat pada kebenaran semua. Selamat merayakan panjang usia, Majalah Suara Pendidikan Jombang ke delapan tahun.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Jombang, Tita Aniqowardani, S.Pd.
Majalah Suara Pendidikan Jombang secara global sudah mengakomodir seluruh lini komponen pendidikan di seluruh jenjang di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga perguruan tinggi. Sajian komponen yang dihadirkan juga tak melulu tentang pendidikan di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, tetapi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Bahkan informasi kuliner, kesehatan, dan sejarah dikemas dengan menarik. Selain itu dari sisi redaksionalnya, saya sangat mengapresiasi mampu membangun imajinasi yang nyata ketika membaca alurnya. Layak jika Majalah Suara Pendidikan Jombang mendapat Penghargaan Bahasa 2020 dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.



Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Jombang, Sulthon Bashori Rosyid, S.Pd., MM.
Majalah Suara Pendidikan sudah memberikan warna yang luar biasa terutama dalam menyajikan informasi terkait perkembangan pendidikan di Kabupaten Jombang. Majalah Suara Pendidikan juga memberikan kontribusi besar guna mendorong dunia pendidikan selalu bersinar di Kabupaten Jombang. Lebih menariknya, Majalah Suara Pendidikan juga mengeksplore potensi yang ada di Kabupaten Jombang dari sisi edukatif, sosial, maupun kultural. Secara umum sajian warnanya indah dalam mengemas informasi di Kabupaten Jombang khususnya pada bidang pendidikan.

Ketua Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri Kabupaten Jombang, Alim, M.Pd.
Majalah Suara Pendidikan jika dilihat dari segi wajah atau layout bagus dan modern. Untuk isi atau kontennya sudah menggambarkan wajah dunia pendidikan Jombang dan harusnya lebih diperbanyak lagi nuansa pendidikannya. Sementara untuk masukannya, lebih diperbaiki lagi untuk editing tata bahasanya.

Ketua Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri Kabupaten Jombang, Drs. Singgih Susanto, M.MPd.
Majalah Suara Pendidikan mampu menghadirkan informasi seputar dunia pendidikan yang berkembang pada saat itu. Membahas isu-isu pendidikan yang tengah viral, juga memberikan informasi terkait sesuatu yang memang terjadi di Jombang. Disisi lain, Majalah Suara Pendidikan juga mampu menjadi penjembatan informasi antara pihak SMA/SMK yang saat ini kewenangannya ikut provinsi untuk tetap up to date terhadap perubahan informasi dan perkembangan yang ada di Kabupaten Jombang.

Wakil Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Jombang, H. Zainal Fatoni, S.Pd. M.MPd. M.Pd, M.Si, MM.
Majalah Suara Pendidikan merupakan inspiratif bagi perkembangan dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Jombang oleh karena itu keberadaanya perlu untuk dilanjutkan dan menjadi pionir serta rujukan bagi majalah yang lain.

Ketua Ikatan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Jombang, Samsul HS, S.Pd., M.Pd.
Kehadiran Majalah Suara Pendidikan Jombang sejauh ini bagus. Namun ada hal yang menjadi harapan terkait sinergitas dengan guru Taman Kanak-kanak (TK) dari sisi publikasi. Harapan kedepan, mampu mewadahi seluruh kegiatan anak didik atau guru yang lebih dominan. Sehingga mampu mengembangkan motivasi serta semakin bersemangat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran khususnya di jenjang TK.

Pengamat Pendidikan Jombang, Yusron Aminulloh.
Secara pribadi saya senang dengan kehadiran Majalah Suara Pendidikan. Karena di dalamnya memunculkan empat hal: Pertama, ada banyak kreativitas dan inovasi yang dihadirkan baik dari guru ataupun pihak-pihak lain. Kedua, dapat menjalin network, jaringan, dan sinergi antara berbagai pihak tidak hanya dari pendidikan tapi juga di luar pendidikan. Ketiga, dapat membaca kondisi pendidikan Jombang. Terakhir, Majalah Suara Pendidikan harus terus hidup, kreatif, terus mengembangkan diri, mengeluarkan aksi lanjutan dari apa yang diwacanakan dalam tulisannya. Misal dengan menggelar pelatihan, seminar, atau semacamnya.

Kepala SDN Jombatan III Jombang, Donny Erfantoro, S.Pd.
Majalah Suara Pendidikan (MSP) Jombang adalah media informatif dunia pendidikan di Kota Jombang. Eksistensinya patut dirawat dalam konteks turut ambil peranan meningkatkan pelayanan pendidikan berkualitas. Semoga MSP semakin elok dan rupawan sehingga semakin lekat di hati para pecintanya.
Lebih baru Lebih lama