MEGALUH – Banyak cara agar olahraga lebih menggembirakan. Salah satunya yakni bersepeda dengan menelusuri dan mendalami pelbagai situs sejarah suatu wilayah. Hal itu seperti yang dilakoni oleh Komunitas Jombang Bersepeda atau Jombers pada Minggu (15/11) dengan tajuk Historide. Acara itu juga diikuti 80 peserta dari pelbagai komunitas gowes seperti Fedjombers, Selir, Semoc, Gongseng Bike Adventure, Pokok Gowes, dan lain sebagainya.

Ketua Jombers, Wahyu Subiyanto megungkapkan, gagasan Historide sebenarnya sudah lama. Namun karena adanya pandemi Covid-19, maka harus rela tertunda sementara. Paling tidak dengan bersepeda ala Historide mampu memetik dua makna, selain sehat juga menambah wawasan tentang lokasi yang dikunjungi.

Akhirnya bertepatan dengan Hari Pahlawan kemarin kita mencoba melakukannya di situs Tugu Hayam Wuruk Desa Sentul, Kecamatan Tembelang dan Tugu Brigjen Kretarto di Desa Gongseng, Kecamatan Megaluh.

“Akhirnya bertepatan dengan Hari Pahlawan kemarin kita mencoba melakukannya di situs Tugu Hayam Wuruk Desa Sentul, Kecamatan Tembelang dan Tugu Brigjen Kretarto di Desa Gongseng, Kecamatan Megaluh. Tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat, karena pandemi belum usai,” ungkapnya.

Di rute pamungkas, diselenggarakan diskusi ringan seputar lokasi yang dikunjungi dengan menghadirkan narasumber penulis Jejak Laskar Hizbullah Jombang, Moh. Faisol. Tentu saja, kegiatan tersebut kian menambah kehangatan. Para peserta mendapat tambahan wawasan baru tentang dua tempat tersebut.

Baca Juga: SDN Gedangan Mojowarno Lakukan Pendekatan dari Hati ke Hati


Lelaki 37 tahun ini menuturkan, “Sengaja menggelar perdana di bulan November sebagai momentum peringatan Hari Pahlawan. Selanjutnya diusahakan digelar secara rutin, setidaknya satu bulan sekali.”

Hal ini pun diakui oleh Ketua Komunitas Gongseng Gowes, Wasis. Menurutnya, dengan bersepeda macam itu maka banyak sekali manfaat yang didapat. Untuk itu secara pribadi dan komunitas, Wasis berharap acara serupa tetap berlanjut dan rutin digelar.

“Sangat menyenangkan bagi kami dan teman-teman umumnya. Saya harapkan ini bisa dilanjutkan, terlebih sekarang ini bersepeda lagi digandrungi kaum muda Jombang,” tutup Wasis.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Lebih baru Lebih lama