JOMBANG – Usai pergantian pengurus di tubuh PGRI Kabupaten Jombang, telah disiapkan serangkaian program dalam masa bakti 2020-2025. Hal itu diungkapkan oleh Ketua PGRI Kabupaten Jombang terpilih, Jumadi, S.Pd., M.Si. Program-program itu diupayakan disusun sebagaimana kebutuhan saat ini baik kedalam atau keluar organisasi.

“Utamanya perihal kelembagaan dan kaderisasi menjadi sangat penting. Oleh karena itu, kami berupaya dalam setiap perbaikan disesuaikan dengan kebijakan kedepan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabutaen Jombang, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jombang, dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur,” tutur Jumadi.

Hal lain yang juga penting menurut Jumadi adalah peningkatan kualitas guru yang menjadi anggota PGRI Kabupaten Jombang. Melihat daripada peran serta fungsi guru itu sendiri, harus mampu menjadi pendidik, pembimbing, dan pengajar. “Jadi kesemuanya harus berjalan beriringan dan tak ada yang lebih dominan, melainkan semuanya mestilah berimbang,” ujarnya.

Utamanya perihal kelembagaan dan kaderisasi menjadi sangat penting. Oleh karena itu, kami berupaya dalam setiap perbaikan disesuaikan dengan kebijakan kedepan.

Jumadi mengungkapkan, “Salah satunya yakni melalui program Smart Learning and Character Center atau SLCC. Jadi setiap guru mampu meningkatkan kualitasnya dan secara tidak langsung akan mengasah kemampuannya dan membiasakan diri menggunakan teknologi terkini. Apalagi sekarang ini teknologi sedianya menjadi santapan rutin para guru, khususnya dalam pembelajaran dan peniliaiannya.”

Menyambung ungkapan Jumadi, Sekertaris PGRI Kabupaten Jombang, Heri Purwanto, M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini keberadaan teknologi sangatlah penting. Itu pun para guru harus membiasakan diri dengan baik. Tak hanya kemampuannya dalam menggunakan teknologi tersebut, namun juga mengkonversi materi yang digunakannya.

Baca Juga: Gaung Sakala Bhumi Majapahit Pelajari Kejayaan Kerajaan Majapahit


“Selain itu juga penting menjadi prioritas kami adalah pengadaan gedung PGRI Kabupaten Jombang serta melakukan perjuangan untuk guru honorer. Utamanya terkait dengan kesejahteraan mereka,” ungkap Heri Purwanto.

Keberadaan gedung baru ini, tambah Heri Purwanto, ibarat sebuah rumah. Selain PGRI Kabupaten Jombang terbilang sebagai organisasi besar, sudah sepatutnya memiliki rumah untuk berkomunikasi dan berorganisasi yang baik.

Lebih lanjut mengenai kondisi guru honorer, PGRI Kabupaten Jombang mencoba untuk terus mengawal program-program yang ada dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI supaya dapat mencakup seluruhnya.

Reporter/Foto: Donny Darmawan/Istimewa

Lebih baru Lebih lama