JOMBANG – Dalam rangka pelestarian dan pengembangan kesenian di Kabupaten Jombang, Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menggelar rangkaian acara pertunjukan kesenian.

Bertempat di halaman belakang Disdikbud Kabupaten Jombang, kegiatan yang menampilkan beberapa kesenian khas Jombang tersebut dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (20-21/11).

Kepala Seksi Kesenian, Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Heru Cahyono, S.Sn menjelaskan, tujuan kegiatan ini memberikan pesan moral kepada publik melalui pagelaran seni agar mereka terus melestarikan dan mengembangkan kesenian daerah. Pagelaran tersebut menampilkan sanggar seni atau grup kesenian lokal yang dikolaborasikan dengan seniman besar berskala regional.

“Harapannya pagelaran seni yang diadakan ini bisa diapresiasi khalayak khususnya di lingkup Disdikbud Kabupaten Jombang sebagai ujung tombak pembentukan karakter. Di sisi lain, kedepannya bisa menjadi entry point pagelaran seni terutama kearifan lokal bisa masuk ke sekolah,” jelas Heru Cahyono.

Untuk bisa mewujudkan harapan tersebut, perwakilan pengurus Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah (MKKS) SMP dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD diharapkan bisa memantik inovasi mereka. Lalu diaplikasikan pada program dan kegiatan di sekolah masing-masing.

Reporter/Foto: Fitrotul Aini/Istimewa

Lebih baru Lebih lama