PERAK – Kondisi di tiap satuan pendidikan tentu berbeda satu sama lain. Perlu peran serta komitmen dari berbagai pihak untuk mengangkat dan memajukan kualitas sekolah baik dalam proses pembelajaran ataupun pemenuhan sarana prasarana.

Kepala SDN Sukorejo V Perak, Nining Widarti, S.Pd.SD menyatakan, sebagai sekolah yang terletak di pedesaan masih perlu banyak pembenahan, diantaranya adalah pemenuhan dan penggarapan sarana  prasarana.

Selain untuk kewirausahaan yang hasilnya diharapkan bisa menambah pendapatan sekolah, pemanfaatan lahan dengan tanaman produktif juga sekaligus bisa digunakan untuk sarana pembelajaran peserta didik.

Fokus utama saat ini adalah pembangunan pagar belakang, perbaikan halaman sekolah, serta penambahan satu ruangan baru. Namun keterbatasan sumber dana membuat rencana tersebut harus  dilakukan secara perlahan dan bertahap.

“Kami juga tidak bisa mengandalkan sumber dana dari pemerintah seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau yang lain. Sehingga untuk bisa mewujudkan hal-hal yang direncanakan tersebut kami melakukan kerjasama dengan pelbagai pihak seperti kepada perusahaan-perusahaan, pemilik usaha besar, dan tokoh masyarakat,” jelas Nining Widarti.

Baca Juga: Jumlah Penerima PIP 2021


Selain itu Pengawas SD Kecamatan Perak, Mochammad Anang Bakhus, S.Pd yang pada Jumat (6/11) tengah melakukan pemantauan dan pembinaan turut memberikan masukan. Menurutnya, selain dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, sekolah bisa mulai dengan mengembangkan kewirausahaan. Lahan kosong yang dimiliki sekolah bisa ditanami tanaman yang memiliki nilai.

“Selain untuk kewirausahaan yang hasilnya diharapkan bisa menambah pendapatan sekolah, pemanfaatan lahan dengan tanaman produktif juga sekaligus bisa digunakan untuk sarana pembelajaran peserta didik. Seperti misalnya mengenai proses pemupukan dan sebagainya,” jelas Mohammad Anang Bakhus.


Reporter/Foto: Fitrotul Aini

Lebih baru Lebih lama