Dwi Retno*

Gugus Depan 15.017-15.018 yang berpangkalan di SDN Kebontemu Kwartir Ranting Peterongan di masa Pandemi Covid-19 tidak meliburkan ekstrakurikuler Kepramukaan. Hal ini mengingat keputusan pemerintah yang menjadikan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib.

Sehingga Kamabigus, Sri Hariati, S.Pd, M.MPd menghimbau para Pembina Pramuka dan orangtua bekerja sama melaksanakan kegiatan kepramukaan secara Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Tentu, dengan memanfaatkan media internet dan menyatakan tak akan menyerah karena korona.

Pramuka tidak sekedar kegiatan. Pramuka menekankan pada pengetahuan dan keterampilan lainnya. Melalui sejumlah kegiatan keterampilan kepramukaan peserta didik membentuk segenap karakter yang justru diperlukan di abad ini. Pramuka mengajarkan kedisiplinan, keuletan, semangat pantang menyerah, kebersamaan dan gotong royong. Kegiatan kepramukaan tidak terlepas dengan kegiatan pembelajaran di kelas. Ada korelasi yang saling menopang antara kegiatan kepramukaan dengan pembelajaran di kelas.

Di kelas peserta didik belajar tentang ilmu pengetahuan. Di Pramuka diajarkan mempertahankan karakter belajar tidak pernah henti dan tidak pantang menyerah. Karakter ini tidak bisa diajarkan kecuali dilatih melalui latihan yang terstruktur dan terjadwal. Kegiatan Pramuka dapat memenuhinya.

Program kegiatan Kepramukaan Gudep 15.017-15.018 di masa pandemi Covid-19 dilaksanakan menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik. Terutama bagi peserta didik kelas 1 yang baru saja menjadi bagian sekolah dasar dan menjadi anggota Pramuka Siaga.

Peran oran tua sangat penting dalam dalam pelaksanaan kepramukaan daring yaitu mendampingi secara aktif dan membantu peserta melakukan tugas yang dipandu oleh pembina satuan. Juga melaporkan kegiatan peserta didik dalam bentuk dokumentasi foto ataupun video. Kegiatan Kepramukaan Siaga yang dilaksanakan selama Pandemi Covid 19 antara lain:

Patriot Lingkungan
Menjadi patriot lingkungan nanda Siaga dengan membantu membersihkan rumah seperti menyapu, menyulak, menyiram tanaman, dan menata kamar tidur.

Menyanyi
Kegiatan menyanyi seperti lagu Indonesia Raya, Garuda Pancasila, dan lagu-lagu Siaga

Tekpram (Teknik Kepramukaan)
Kode kehormatan (Dwi Darma dan Dwi Satya), Salam Pramuka, Lambang Pramuka, Bendera Merah Putih, Pancasila dan lain-lain.

Keterampilan
Membuat celengan dari botol bekas (materi menabung), membuat bendera merah putih dari kertas, membuat gambar barung, memakai hasduk sendiri, membuat sepatu dari kardus dan membuat ikatan tali sepatu.

*) SDN Kebontemu Peterongan.

Lebih baru Lebih lama