GUDO – Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), SMP Negeri 2 Gudo menggelar bermacam kegiatan yang diperuntukkan bagi guru. Kegiatan yang sekaligus digunakan sebagai ajang penggalian kreativitas dan inovasi guru dalam pengembangan kegiatan pembelajaran di masa pendemi ini, diikuti oleh seluruh dewan guru di SMP yang beralamat di Desa Gempol Legundi, Kecamatan Gudo tersebut.

Kepala SMP Negeri 2 Gudo, Wiwik Astutik S.Pd., M.MPd menuturkan pihaknya ingin guru-guru di satuan pendidikan yang dibinanya memiliki semangat untuk maju dan mengembangkan diri dengan terus berinovasi.

Menekankan pemaksimalan penggunaan fitur yang pada aplikasi power point menjadi salah satu kriteria penilaian.

“Meski hanya sederhana dengan menciptakan media pembelajaran menggunakan power point, saya ingin para guru ini tetap menciptakan sesuatu yang menarik. Terlebih untuk membantu proses pembelajaran peserta didik yang saat ini tidak bisa dilakukan dengan tatap muka,” ungkap Wiwik Astutik.



Pemilihan power point sebagai media pembelajaran yang dikompetisikan karena aplikasi tersebut sudah jamak digunakan oleh para guru. Namun penggunaan fitur-fitur serta kreasi dalam mengemas penyampaian materi kegiatan pembelajaran masih belum maksimal.

Salah satu tim penilai Lomba Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Power Point Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) SMP Negeri 2 Gudo, Drs. Joko Prajitno pun menekankan pemaksimalan penggunaan fitur yang pada aplikasi power point menjadi salah satu kriteria penilaian. Di sisi lain, kreativitas dalam memodifikasi tampilan power point seperti pemilihan gambar, jenis huruf, dan animasi agar disenangi peserta didik juga menjadi poin penilaian.



Sementara itu Juara I Lomba Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Power Point Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) SMP Negeri 2 Gudo, Gagas Bareb Primadinata, S.Pd., M.Pd mengemukakan, “Dalam membuat power point yang terpenting adalah tampilannya mampu menarik perhatian peserta didik. Meski pada dasarnya dalam power point hanya berisi inti-inti penjelasan sebuah materi pembelajaran, namun jika mampu menarik perhatian peserta didik diharapkan mampu menumbuhkan rasa ingin tahu dan gairah belajar.”

Reporter/Foto: Fitrotul Aini

Lebih baru Lebih lama