NASIONAL - Masa sulit, termasuk masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, sering menguras emosi. Penyebabnya pun beragam, dari masalah rumah tangga sampai pekerjaan. Tak dipungkiri, kehidupan sehari-hari memang didikte oleh emosi.

Namun, jangan biarkan emosi negatif menguasai hidup. Seberapa pun beratnya persoalan, coba selalu jaga emosi dengan tips dari Huffington Post berikut.

Jangan Langsung Bereaksi
Langsung bereaksi saat emosi tersulut itu keliru. Akibatnya Anda bisa bertindak atau berucap sesuatu yang mungkin akan disesali kemudian. Sebelum emosi meledak, coba atur napas dan jaga detak jantung tetap normal. Cobalah menarik napas dalam-dalam dan membuangnya perlahan secara berulang selama 5 menit.

Perkuat Iman
Iman sering menjadi penerang di tengah kegelapan. Cobalah minta batuan Yang di Atas untuk mencari jalan keluar dan apa yang harus dilakukan.

Baca Juga: SDN Seketi Mojoagung Manfaatkan Keunggulan Lokal


Cari Pelampiasan yang Positif
Daripada melampiaskan emosi dengan cara negatif, coba temukan cara yang positif. Jangan pendam emosi, coba telepon sahabat untuk sekedar curhat atau mengobrol santai. Atau tuliskan perasaan yang campur aduk pada sehelai kertas. Bisa juga melampiaskan emosi lewat kegiatan seperti kickboxing atau bela diri lainnya. Daripada meninju orang karena emosi lebih baik lampiaskan ke karung pasir.

Lihat dari Perspektif yang Lebih Besar
Apapun yang terjadi dalam hidup, baik atau buruk, pasti ada hal yang lebih besar di baliknya. Sikap bijak diperlukan untuk melihat lebih jauh daripada masalah yang tengah dihadapi. Pada awalnya mungkin Anda tidak mengerti, tapi seiring berjalannya waktu Anda akan mulai melihat dengan lebih terang.

Pikirkan Sesuatu yang Menyenangkan
Daripada terus memikirkan hal-hal yang menjadi beban batin, coba pikirkan sesuatu yang lucu atau menyenangkan, peristiwa yang mungkin akan membuat tersenyum dan tertawa sendiri.

Maafkan Si Penyebab
Penyebab emosi bisa saja teman atau keluarga sendiri. Jika terus dipikirkan, amarah tak akan habis. Cobalah untuk memaafkan mereka agar perasaan lebih lega.

Sumber/Rewrite: tempo.co/Tiyas Aprilia

Lebih baru Lebih lama