DIWEK - Tiada hari untuk berbenah, itulah yang tersirat ketika meneilisik aktivitas dari SDN Bulurejo II Diwek ketika di musim pandemi Covid-19 seperti sekaran ini. Kepala SDN Bulurejo II Diwek, Nanik Damayanti, S.Pd.SD mengungkapkan beragam cara dilakoninya untuk berbenah baik dalam segi pembelajaran hingga infrastruktur.

“Di dalam grup WhastApp para guru SDN Bulurejo II Diwek berdiskusi seputar pembelajaran yang dilangsungkan. Di sana kesempatan saya memantau dan memberikan evaluasi sekiranya ada metode pembelajaran yang dirasakan kurang tepat dijalankan ketika pembelajaran virtual,” tutur Nanik Damayanti.

Baca Juga: PAUD Inklusif Petakan Kebutuhan ABK

Bersyukur semua bisa menerima walaupun dilakukan cukup dalam genggaman tanpa ada pertemuan. Dengan kata lain, supervisi dapat berjalan walaupun hanya lewat WhastApp. Selanjutnya dapat dikuatkan melalui evaluasi maupun ragam materi pembelajaran lain dengan mengadopsi dari pelbagai sumber. Akhirnya komunikasi yang intensif pun terjadi antara kepala sekolah beserta dengan gurunya.

Sarana Prasana Menjadi Perhatian Utama

Senyampang itu adanya sarana prasana yang memadai pun menjadi perhatian Nanik Dayanti untuk lembaga yang di nahkodai tersebut. Diakui perempuan berhijab ini bila ingin mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP) di sekolah yang sudah berdiri dari tahun 1980 itu. Kembali kendala dana masih diupayakan untuk memenuhi segala sarana prasaraa yang dibutuhkan.



Hal itu pula diamini oleh Guru IV, SDN Bulurejo II Diwek, Siti Romelah apabila keberadaan sarana prasana yang memadai tentunya akan memotivasi belajar peserta didik. Salah satu diantaranya yang masih kurang adalah keberadaan perpusatakaan sekolah.



Siti Romelah mentakan, “Pengajuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan perpustakaan terus diupayakan. Walaupun hingga kini masih belum beruntung, namun tidak patah semangat di tahun pelajaran mendatang coba diajukan lagi.”

Walaupun begitu tidak kemudian membuat inovasi yang dihadirkan oleh para guru SDN Bulurejo II Diwek pupus. Sebaliknya, sebelum pandemi ragam pembelajaran selalu diusahakan berjalan penuh variasi. Sehingga peserta didik semakin bersemangat dan kian banyak menorehkan prestasi, imbuh Siti Romelah.

Reporter/Foto: Donny Darmawan

RAIHAN JUARA 2020

a. Juara I di Lomba Qosidah Modern, Hari Santri Nasional di Kabupaten Jombang

b. Juara II Menyanyi Tunggal, Hari Santri Nasional di Kabupaten Jombang

c. Juara Harapan III Tilawatil Quran, Hari Santri Nasional di Kabupaten Jombang

Lebih baru Lebih lama