JOMBANG – Meski dalam situasi pandemi, Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 terasa begitu spesial. Delapan bulan lamanya tak ada kegiatan dan pembelajaran tatap muka yang berlangsung di sekolah.

Perkembangan teknologi dewasa ini, semakin melengkapi dan memfasilitasi proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tak terkecuali dalam pelaksanaan peringatan HGN. SDN Jombatan III Jombang memanfaatkan akses tersebut untuk melaksanakan upacara dalam ruangan dengan menggunakan zoom meeting dan live di Instagram untuk bisa diakses dan diikuti oleh seluruh peserta didik.

Peringatan HGN tahun ini sangat berkesan, kami para guru senantiasa memupuk kreativitas untuk menghadirkan pembelajaran bermakna selama PJJ. Guru harus kuat dan terus berinovasi secara bersama mendampingi peserta didik dalam proses belajar meski dalam situasi penuh keterbatasan.

Koordinator Pelaksana Kegiatan Peringatan HGN SDN Jombatan III Jombang, Imam Ghozali AR. menjabarkan tentang konsep acara diantaranya seremonial di dalam ruangan kelas secara singkat. Selanjutnya terdapat panggung ekspresi yang dipersembahkan untuk peserta didik, dan terakhir lomba menghias nasi kuning oleh bapak/ibu guru.


Baca Juga: TK PKK Tunggorono Jombang Ajarkan Seni, Selami Dunia Anak


Kepala SDN Jombatan III Jombang, Donny Erfantoro, S.Pd. mengatakan, “Peringatan HGN tahun ini sangat berkesan, kami para guru senantiasa memupuk kreativitas untuk menghadirkan pembelajaran bermakna selama PJJ. Guru harus kuat dan terus berinovasi secara bersama mendampingi peserta didik dalam proses belajar meski dalam situasi penuh keterbatasan. Dedikasi profesi yang luar biasa telah dihadirkan oleh bapak/ibu guru kita dalam melaksanakan pelayanan pendidikan dengan sepenuh hati.”

Pesan penting yang Donny Erfantoro ingin sampaikan pada peringatan HGN ialah menghadirkan kreativitas, kerjasama, semangat juang, saling menghargai, kesederhanaan, berani berekspresi. Selaras dengan tema yang diusung pada tahun ini yakni Bangkitkan Semangat. Wujudkan Merdeka Belajar.

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Lebih baru Lebih lama