PLOSO – Masa pandemi Covid-19 memang membuat aktivitas pembelajaran menjadi lumpuh. Namun bukan berarti hal itu mesti diratapi. SDN Kedungdowo, Kecamatan Ploso memanfaatkan waktu jeda pembelajaran ini untuk bersolek, memperbaiki segenap fasilitas yang ada.

Kepala SDN Kedungdowo Ploso, Ahmad Anas, S.Pd. mengungkapkan, waktu libur pembelajaran tatap muka di sekolah memang dimanfaatkan dengan baik untuk melakukan penghijauan dan memperbaiki resapan air. Senyampang itu membersihkan fasilitas yang ada sehingga ketika sudah diberlakukan pembelajaran normal dapat lebih ringan.



“Soal resapan air ini memang sangat penting, mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan. Nah, setiap hujan di sini selalu dan genangan. Untuk itu, kami lekas berbenah menghindari segala kemungkinan yang terjadi,” ungkan Ahmad Anas.

Guru Kelas II sekaligus Bendahara SDN Kedungdowo, Endang Sri Ambarwati, S.Pd. pun membenarkan. Adanya lingkungan yang asri dan nyaman dapat lebih menambah variasi pembelajaran. Karena pembelajaran tak hanya terpaku di dalam kelas, melainkan bisa dilaksanakan di luar kelas.



Endang Sri Ambarwati mengatakan, “Sebagaimana pengalaman kami ketika mengajar, pembelajaran di luar kelas bisa lebih fleksibel baik secara penyampaianan maupun ketika melakukanannya. Dengan begitu maka dapat terjalin kedekatan antara guru dan peserta didik jauh lebih komprehensif.”

Reporter/Foto: Chicilia Risca Y.

Lebih baru Lebih lama